Waspada Penyakit ISPA
Dr. Satyawati, Sp.A Dokter Spesialis Kesehatan Anak RS. Foto : Dokumen pribadi.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORWaspada penyakit ISPA pada anak yang perlu diketahui, berikut penjelasan Dokter Spesialis Kesehatan Anak RS. Azra. Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau biasa disebut ISPA, yang merupakan infeksi akut yang menyerang saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah yang disebabkan virus, jamur dan bakteri.

Secara garis besar, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dibedakan menjadi common cold dimana pemicunya adalah virus rhinovirus, respiratory syncytial virus, adenovirus, dan influenza yang dipicu oleh virus influenza dengan berbagai tipe.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Terima Kunjungan Spesifik Komisi II DPR RI Bahan Program PTSL Bagi Masyarakat

Dr. Satyawati, Sp.A Dokter Spesialis Kesehatan Anak RS. Azra memaparkan dalam keterangan resmi yang diterima bogor-today.com, Senin (18/10/2021).

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dapat menyerang anak apabila ketahanan tubuh (immunologi) menurun. Biasanya, ISPA menyerang anak di bawah lima tahun dan kelompok yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih rentan terhadap berbagai penyakit.

Pada musim pancaroba sering mengalami batuk pilek terutama pada anak-anak, bahkan terkadang sampai mengalami diare, demam berdarah, dan demam thypoid.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Bahas Optimalisasi Pemanfaatan Command Center 

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dibagi menjadi dua bagian yaitu, bagian atas dan bawah.

Bagian atas meliputi rhiniti, radang pada lapisan mulkosa dalam hidung), sinusitis (radang pada rongga sinus), telinga tengah, faringitis (radang tenggorokan) dan laringitis (radang pada area sekitar pita suara), sedangkan bagian bawah meliputi trakea sampai dengan paru-paru.

============================================================
============================================================
============================================================