malam hari
Ilustrasi : freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Pada umumnya malam hari waktu yang tepat untuk tubuh berisitirahat. Namun sebagian orang memanfaatkan malam untuk bekerja atau belajar.

Mereka meyakini bekerja di malam hari lebih efektif dibandingkan mengerjakannya di pagi hari.

Merangkum dari beberapa sumber, berikut 6 alasan seseorang lebih produktif di malam hari.

1. Suasana Malam Jauh Lebih Tenang dan Damai

Dijelaskan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi, Psikolog, beberapa orang dapat merasakan suasana malam hari jauh lebih damai dan lebih tenang daripada siang hari. Ketenangan ini pun membantunya lebih berkonsentrasi, sehingga akan lebih produktif.

“Penyebab mengapa orang dapat lebih produktif di malam hari, karena pada malam hari, kita mengalami minim distraksi. Sehingga, kita bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugas dan menjadi produktif,” ucap Ikhsan.

Beberapa orang juga dapat mengalami sensitivitas sensorik yang tinggi sehingga kesulitan berkonsentrasi di siang hari. Misalnya, aroma makanan dan minuman, cahaya yang terang, dan obrolan teman kantor.

Jadi begitu malam tiba, saat itulah mereka akhirnya bisa berkonsentrasi lebih untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.

2. Memiliki Kebiasaan Terjaga di Malam Hari

BACA JUGA :  Wajib Coba! Menu Makan Siang dengan Semur Daging Istimewa yang Lezat dan Nikmat

Beberapa orang memiliki puncak energi di malam hari atau disebut juga dengan night owls. Orang yang mengalami night owls memang terbiasa memiliki pola tidur yang buruk.

Namun, jika dimanfaatkan dengan baik, ini bisa menjadi hal yang menguntungkan untuk dirinya.

3. Memiliki Pola Tidur Fleksibel

Beberapa orang memiliki kemampuan bawaan untuk tidur saat mereka ingin. Orang-orang ini dapat memanfaatkan kedamaian saat malam hari untuk menyelesaikan pekerjaannya daripada mengerjakannya di siang hari.

4. Ingin Memiliki Waktu Siang Lebih Luang

Ada orang yang memilih lebih produktif di malam hari agar mereka bisa bersantai di siang hari. Atau, merasa lebih suka mengerjakan pekerjaanya lebih dulu agar tidak dikejar deadline.

Oleh sebab itu, mereka terbiasa mengerjakan pekerjaan di malam hari agar memiliki waktu luang lebih banyak di siang hari. Bisa juga mereka ingin melakukan aktivitas lain di siang hari.

5. Penurunan Hormon Kortisol

Penyebab seseorang lebih aktif di malam hari lainnya ialah penurunan hormon kortisol. Beberapa orang akan merasa jauh lebih santai pada malam hari. Ini terkait dengan penurunan hormon stres (kortisol) saat tubuh Anda bersiap untuk tidur.

BACA JUGA :  Kecelakaan di Pekanbaru, Fortuner Tabrak Tugu Keris, Pengemudi Oknum Polisi

Penurunan hormon kortisol dapat membuat Anda lebih relaks untuk mengerjakan pekerjaan di malam hari.

Setelah lebih relaks, Anda bisa menjadi lebih fokus dan tentunya lebih siap untuk mengerjakan pekerjaan.

6. Karena Fase Tidur REM

Tidur REM (Rapid Eye Movement) terjadi pada paruh kedua malam ketika Anda tertidur atau saat Anda tertidur pulas.

Beberapa orang dengan tingkat kejeniusan yang tinggi mengatakan bahwa mereka sering kali mendapatkan ide-ide ketika bangun dari fase tidur REM.

Jadi, jika Anda tidur dengan jam yang tidak teratur dan bangun saat fase tidur REM, produktivitas Anda mungkin terkait dengan ini.

Itulah tadi beberapa penyebab mengapa seseorang dapat memiliki waktu produktif di malam hari. Meski produktif di malam hari baik, namun pastikan Anda tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Jika produktif di malam hari dipicu oleh rasa cemas atau takut tidak bisa menyelesaikan pekerjaan hingga timbulkan stres, sebaiknya berkonsultasi ke ahlinya. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================