Bima Arya : RM Tirto Adhi Soerjo, Tokoh Pers dan Tokoh Kebangkitan Nasional Indonesia

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menghadiri acara Bedah Profil tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia R.M. Tirto Adhi Soerjo di Bogor Creative Center, Jalan Ir. H Djuanda, Kota Bogor, Selasa (9/11/2021).

Bima Arya mengatakan, Cukup banyak tokoh-tokoh legendaris, fenomenal yang hebat tercatat ada dalam sejarah diakui oleh negara, tapi tidak cukup dikenal secara kekinian oleh anak muda, padahal kiprahnya luar biasa menentukan, berpengaruh dan seharusnya menginsprasi salah satunya sosok RM Tirto Adhi Soerjo.

“Sosok RM Tirto Adhi Soerjo merupakan pendiri surat kabar pertama yang berbahasa melayu, pemimpin sarikat islam dan juga jurnalis yang kritis tapi juga menjadi organisator dan aktivis,” ungkap Bima.

Bima melamar, saking fenomenalnya, menginspirasi Pramoedya Ananta Toer untuk ‘menghidupkan’ ketokohan RM Tirto Adhi Soerjo di buku Bumi Manusia yang kemudian di film-kan oleh Hanung Bramantyo. Kenapa penting untuk di populerkan secara kekinian, karena saat ini tantangan jurnalis tetap kritis dimasa kritis tidak mudah, tetap kritis terhadap penguasa dengan segala resikonya tidak mudah dan paling tidak mudah lagi adalah tetap kukuh idealisme tanpa iming-iming materialisme.

BACA JUGA :  Pengamen Jalanan di Cileungsi Bogor Ditemukan Tak Bernyawa

“Kota Bogor sangat bangga kepada RM Tirto Adhi Seorjo. Selain dikebumikan di Kebon Pedes, nama beliau juga akan diresmikan sebagai nama jalan di pusat Kota Bogor. Mudah-mudahan RM Tirto Adhi Soerjo bisa terus menginspirasi temen-temen jurnalis saat ini, terus menjadi guidens bagaiamana berjuang secara kritis dengan resiko apapun, beliau wafat diusia sangat muda belum 40 tahun tapi aura dan ceritanya mengalir terus hingga akhir jaman,” tuturnya.

BACA JUGA :  Pengurus BPPD Kota Bogor Dilantik, Bima Arya Beri Masukan Ini

Sementara itu, Guru Besar Ilmu Sejarah di Departemen Sejarah dan Fiologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran, Prof. Dr Nina Herlina menuturkan, bahwa RM Tirto Adhi Soerjo sudah diangkat jadi pahlawan nasional pada tahun 2006. Selain itu, dirinya juga bersyukur Wali Kota Bogor telah mengabadikan nama RM Tirto Adhi Seorjo sebagai nama jalan untuk mengganti jalan kesehatan. Hal itu untuk mewariskan nilai-nilai perjuangan RM Tirto Adhi Soerjo.

“Dengan dijadikannya nama RM Tirto Adhi Seorjo menjadi nama jalan, tentu saja ada manfaatnya, pertama untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda bagaimana berbakti kepada bangsa dan negara tanpa pamrih. Kedua untuk memberikan penghargaan kepada pahlawan yang telah berjasa di Kota Bogor,” tutur Nina.

============================================================
============================================================
============================================================