Cendol Elizabeth
Bungkusan es Cendol Elizabeth di Jalan Inhoftank, Bandung. Foto : Republika

BOGOR-TODAY.COM, BOGORCendol Elizabeth menjadi topik utama di beberapa media. Hal itu lantaran Menteri Luar Negeri, Elizabeth Truss disarankan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil untuk membuka restoran dengan menu es cendol Elizabeth di London. Hal itu dikatakannya saat Elizabeth Truss berkunjung ke Bogor, Jumat (12/11/2021).

Namun, bagaimana sejarah minuman tradisional itu hingga eksis di kawasan Bandung.

Melansir okezone.com, minuman ini berawal dijajakan di depan sebuah rumah yang pemiliknya bernama Eli. Rumah tersebut dihuni oleh keluarga keturunan Tiongkok yang berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) tepatnya di Jalan Inhoftank Nomor 64, Bandung, Jawa Barat.

Sedangkan, Eli sendiri adalah pengrajin tas dan dia memberikan label tas buatannya dengan nama Elizabeth. Karena sang penjual selalu mangkal di depan rumah Eli, alhasil nama Cendol Elizabeth pun dipilih. Dan kini, nama tersebut sudah sangat tidak asing lagi bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya.

BACA JUGA :  Gangguan Mental Bisa Jadi Pemicu Susah Bangun Pagi, Benarkah?

Tak hanya itu, sang penjual Cendol Elizabeth, Rahman, pertama kali berjualan di sana (rumah Eli) pada 1978. Suatu ketika, ada pemnbeli tas Elizabeth yang datang. Saat memilih-milih tas, dahaganya pun terkuras. Alhasil, dia memesan cendol yang dijajakan di samping “toko” tas Elizabeth.

Tapi, apa yang terjadi setelahnya, si pembeli malah mengira es cendol yang di jual Rahman tersebut adalah bagian dari fasilitas yang didapat ketika membeli tas Elizabeth. Sontak, Rahman pun memberitahu si pembeli itu bahwa apa yang dia nikmati barusan itu tidak ada hubungannya dengan tas Elizabeth yang dia beli.

BACA JUGA :  DARI PREMAN TERMINAL, SEKDES HINGGA ANGGOTA DPRD PROVINSI JABAR

Namun, si pembeli tetap ngotot dan Rahman pun tidak bisa berbuat apa-apa. Setelah pembeli itu pergi dari toko mereka berdua, Eli diketahui membayar kepada Rahman cendol yang dipesan pembeli tasnya.

Sementara itu, bicara mengenai es cendol Elizabeth itu sendiri, lalu apa bedanya dari cendol lainnya?

Hal yang membedakan cendol ini dengan cendol lainnya ternyata terletak di bahan bakunya.. Cendol Elizabeth itu memastikan bahwa santan yang digunakan sangat kental dan dibuat dari kelapa yang kondisinya baik. Kemudian, untuk sagu yang dipakai, sang pembuat mendapatkannya langsung dari Kepulauan Riau. Lalu, untuk gulanya berasal dari Cilacap, Jawa Tengah, pun juga pandan dan daun sujinya, Rahman mendapatkannya dari Ciparay dan Majalaya, Kabupaten Bandung.

============================================================
============================================================
============================================================