Cendol Elizabeth
Bungkusan es Cendol Elizabeth di Jalan Inhoftank, Bandung. Foto : Republika

BOGOR-TODAY.COM, BOGORCendol Elizabeth menjadi topik utama di beberapa media. Hal itu lantaran Menteri Luar Negeri, Elizabeth Truss disarankan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil untuk membuka restoran dengan menu es cendol Elizabeth di London. Hal itu dikatakannya saat Elizabeth Truss berkunjung ke Bogor, Jumat (12/11/2021).

Namun, bagaimana sejarah minuman tradisional itu hingga eksis di kawasan Bandung.

Melansir okezone.com, minuman ini berawal dijajakan di depan sebuah rumah yang pemiliknya bernama Eli. Rumah tersebut dihuni oleh keluarga keturunan Tiongkok yang berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) tepatnya di Jalan Inhoftank Nomor 64, Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga :  Menempelkan Alat Kelaminnya ke Buku Kumpulan Doa, Warga Bekasi Diamankan Polisi

Sedangkan, Eli sendiri adalah pengrajin tas dan dia memberikan label tas buatannya dengan nama Elizabeth. Karena sang penjual selalu mangkal di depan rumah Eli, alhasil nama Cendol Elizabeth pun dipilih. Dan kini, nama tersebut sudah sangat tidak asing lagi bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya.

Baca Juga :  Terlibat Kecelakaan 3 Pemotor Tewas, Sopir Melarikan Diri

Tak hanya itu, sang penjual Cendol Elizabeth, Rahman, pertama kali berjualan di sana (rumah Eli) pada 1978. Suatu ketika, ada pemnbeli tas Elizabeth yang datang. Saat memilih-milih tas, dahaganya pun terkuras. Alhasil, dia memesan cendol yang dijajakan di samping “toko” tas Elizabeth.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua