Kenali Penyakit Batu Empedu, Berikut Pemaparan Dokter Spesialis Bedah RS AZRA

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Batu empedu merupakan batu yang terbentuk di dalam kantung empedu atau didalam saluran utama empedu. Bentuk dari batu empedu sendiri bisa berupa lumpur, pasir, kerikil atau batu padat dan bisa berjumlah satu atau beberapa buah hingga puluhan (multiple).

Jenis Batu Empedu sendiri dibagi menjadi riga macam yakni, Batu cholesterol bisanya berwarna coklat muda, Batu Pigmen berwarna kehitaman sampai hitam pekat, dan Batu Campuran biasanya berwarna coklat tua.

BACA JUGA :  DPRD Desak Pemkot Selesaikan Masalah Kemiskinan dan Pengangguran di Kota Bogor

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui seperti apa penyakit batu empedu beserta berbagai gejala yang mungkin muncul.

Dr. Sani Sundana, Sp.B (Dokter Spesialis Bedah RS AZRA) menyampaikan bagaimana penyakit Batu Empedu itu terjadi.

“Salah satunya adalah faktor hormonal. Faktor yang berpengaruh terhadap terganggunya keseimbangan metabolik tersebut antara lain : kegemukan, obat2an (pil KB), ileal disease, ileal resection, gangguan sirkulasi enterohepatik. Batu tersebut terbentuk karena ketidakseimbangan komposisi cairan empedu yang terdiri dari cholesterol, garam empedu dan lecithin,” kata Dr. Sani kepada BogorToday.com, Senin (15/11/2021).

BACA JUGA :  Majalengka Diguncang Gempa Terkini M3,1, Terasa di Bandung Barat hingga Sumedang

Tidak hanya gangguan metabolik saja, Batu Empedu dapat terjadi karna faktor infeksi, gangguan aliran cairan empedu yang biasanya diakibatkan oleh hormon estrogen, kehamilan, vagotomy dan pasien yang mendapat nutrisi perental dalam waktu lama. Serta peningkatan produksi bilirubin.

============================================================
============================================================
============================================================