PAHLAWAN KEKINIAN

PAHLAWAN KEKINIAN

Oleh : Heru B Setyawan (Guru SMA Pesat School Of Talent)

Menurut UU RI Nomor 20 Tahun 2009 Tentang Gelar, Tanda Jasa, Dan Tanda Kehormatan yang dimaksud dengan Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah NKRI.

Tentunya yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Jika melihat pengertian pahlawan di atas, maka masih ada kesempatan bagi kita semua untuk bisa menjadi pahlawan. Karena untuk menjadi pahlawan nasional itu tidak harus selalu gugur atau meninggal dunia, yang penting menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan NKRI.

BACA JUGA :  Resep Membuat Puding Kurma Saus Karamel untuk Menu Takjil yang Manis dan Lembut

Apalagi sekarang Indonesia sudah merdeka sehingga tidak ada perang untuk merebut kemerdekaan.

Dengan kata lain, sekarang kita bisa menjadi pahlawan kekinian, sesuai fungsi dan kemampuan kita masing-masing. Setiap manusia itu berbeda bakat, kemampuan, ketrampilan dan keahliannya.

Ada 2 kata kunci untuk menjadi pahlawan kekinian, yaitu luar biasa dan bermanfaat. Atau menurut penulis, pengertian pahlawan kekinian itu seseorang atau kelompok yang mempunyai prestasi atau karya yang luar biasa dan bermanfaat bagi pembangunan, kemajuan, kehormatan dan kejayaan bangsa dan negara Republik Indonesia.

BACA JUGA :  Saksikan Aksi Kabaret, Petualangan Menjelajah Mesir di CCM, Berlangsung 16 Maret-14 April 2024

Dan inilah contoh pahlawan kekinian Indonesia yang tanpa harus berperang untuk merebut ataupun mempertahankan kmerdekaan.

Prof. B.J Habibie, penemu Teori Crack. Penemuannya ini menjadi penemuan yang luar biasa dan bermanfaat lantaran dapat menjadi model matematika yang berguna untuk memprediksi perilaku perambatan retak di struktur pesawat hingga tingkat atom.

Manfaat penemuan ini keamanan pesawat lebih aman dan beaya perawatan pesawat lebih hemat.

============================================================
============================================================
============================================================