PAHLAWAN KEKINIAN

Prof. Sedyatmo, pencetus teknologi Cakar Ayam yaitu pemasangan pondasi yang mampu berdiri kokoh di tanah labil. Temuannya kini telah diterapkan di berbagai bangunan di seluruh dunia.

Ir. Tjokorda R. Sukawati, penemu Sistem Sosrobahu yaitu membangun tiang-tiang pondasi sejajar dengan jalur di bawahnya.

Setelah tiang tersebut didirikan, lengannya yang membentuk huruf T diputar 90 derajat agar melintang dan dapat digunakan untuk membangun jalan beton di atasnya.

Tjokorda menggunakan sistem hidrolik yang memungkinkan lengan beton seberat 180 ton tersebut untuk diputar dengan mudah.

BACA JUGA :  Jaga Kadar Gula Darah dengan 5 Kebiasaan Pagi yang Penting Ini

Sistem Sosrobahu digunakan di berbagai rancangan di dunia, termasuk Jembatan Seattle di Amerika Serikat dan Jalan Raya Metro di Filipina.

Prof. Dr. Khoirul Anwar, penemu Teknologi 4G yaitu metode komunikasi yang cepat dan efisien. Menggunakan metode tersebut, pengiriman data memakan waktu lebih singkat.

Temuan Khoirul juga mampu menyelesaikan permasalahan komunikasi di kota besar karena adanya gedung pencakar langit maupun di daerah pegunungan.

Minto, penemu kompor matahari pertama di dunia. Ia berhasil mengumpulkan sinar matahari dan mengarahkan reflektor untuk memasak. Temuan Minto kemudian mendapat banyak penghargaan, termasuk dari Presiden Soeharto.

BACA JUGA :  H+1 Lebaran, Lalu Lintas ke Arah Puncak Bogor Mulai Padat

Dan masih banyak lagi, termasuk Tim Bulutangkis Thomas Cup Indonesia yang baru saja merebut Piala Thomas Cup itu juga termasuk pahlawan kekinian. Ayo bagaimana dengan kita, semoga suatu saat kita bisa menjadi pahlawan kekinian.

Minimal menjadi pahlawan kekinian untuk keluarga tercinta kita atau lingkungan tempat tinggal serta tempat kerja/usaha kita. Selamat Hari Pahlawan 10 November. Jayalah Indonesiaku. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================