PAN Dorong Pakai Vaksin dalam Negeri

Vaksin
Petugas medis tengah menyuntikan vaksin kepada salah seorang warga.

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mendesak pemerintah segera menggunakan vaksin produksi dalam negeri. Penggunaan produksi lokal ia yakini mendatangkan manfaat lebih besar di tengah pandemi virus Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir.

Ia menjelaskan Komisi IX DPR RI sudah melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait vaksin ini dengan Dirjen P2P, Dirjen Farmalkes, IDAI, ITAGI, dan HOGI dengan pembahasan seputar vaksinasi rutin yang selama ini dilaksanakan.

BACA JUGA :  RPJPD Kota Bogor 2025 - 2045, Kota Sains Kreatif, Maju dan Berkelanjutan

“Tentu dalam pendalaman, kami juga menanyakan soal progres vaksin produksi dalam negeri. Saya dengar, telah ada vaksin produksi dalam negeri yang telah mendapatkan EUA dari BPOM. Nah, ini kan peluang besar untuk memenuhi kebutuhan vaksin secara nasional,” ujar Saleh Daulay, Selasa (23/11/2021).

BACA JUGA :  Ini Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 21 April 2024

Kalau sudah mendapatkan EUA, berarti vaksin tersebut telah melewati seluruh tahapan riset yang ketat. Termasuk sejumlah uji klinis yang dipersyaratkan. Menurut Saleh Daulay amat disayangkan kalau vaksin produksi dalam negeri tersebut tidak dimanfaatkan.

============================================================
============================================================
============================================================