PAN Dorong Pakai Vaksin dalam Negeri

Vaksin
Petugas medis tengah menyuntikan vaksin kepada salah seorang warga.

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mendesak pemerintah segera menggunakan vaksin produksi dalam negeri. Penggunaan produksi lokal ia yakini mendatangkan manfaat lebih besar di tengah pandemi virus Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir.

Ia menjelaskan Komisi IX DPR RI sudah melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait vaksin ini dengan Dirjen P2P, Dirjen Farmalkes, IDAI, ITAGI, dan HOGI dengan pembahasan seputar vaksinasi rutin yang selama ini dilaksanakan.

Baca Juga :  Graha Pancakarsa Inovasi SLRT Satu Pintu Pertama Di Indonesia

“Tentu dalam pendalaman, kami juga menanyakan soal progres vaksin produksi dalam negeri. Saya dengar, telah ada vaksin produksi dalam negeri yang telah mendapatkan EUA dari BPOM. Nah, ini kan peluang besar untuk memenuhi kebutuhan vaksin secara nasional,” ujar Saleh Daulay, Selasa (23/11/2021).

Kalau sudah mendapatkan EUA, berarti vaksin tersebut telah melewati seluruh tahapan riset yang ketat. Termasuk sejumlah uji klinis yang dipersyaratkan. Menurut Saleh Daulay amat disayangkan kalau vaksin produksi dalam negeri tersebut tidak dimanfaatkan.

Baca Juga :  Pimpinan DPRD Panen Raya Bersama Warga

Ketua Fraksi PAN DPR RI ini menyebutkan, ada beberapa alasan mengapa penggunaan vaksin produk lokal ini mendesak. Indonesia harus benar-benar berdaulat dalam hal pemenuhan kebutuhan vaksin Covid-19.