Peringati Hari Pohon Sedunia, Rimba dan Lintas Komunitas Pencinta Alam Tanam Pohon di Gunung Kuta

Hari Pohon Sedunia

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Peringati Hari Pohon sedunia yang jatuh pada 21 November, dijadikan momentum bertemunya para penggiat alam terbuka, mulai dari para relawan, pendaki gunung dan pencinta alam.

Dalam memperingatinya, sejumlah komunitas tersebut menggelar serangkaian acara di Kawasan Gunung Kuta, di Kampung Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukmakmur, Kabupaten Bogor.

Perlu diketahui, Kawasan Gunung Kuta itu berketinggian lebih dari 1000 MDPL, dan berada di kawasan perbukitan di wilayah Bogor Timur yang mempunyai tipikal bebatuan karang dan bebatuan andesit, selain itu terdapat banyak juga anak sungai yang mengalir kebaigian hilir daerah Bekasi dan Sekitarnya.

Dalam acara memperingati hari pohon Se’dunia yang diselenggarakan oleh komunitas Wanapa, selain melibatkan para pecinta alam juga melibatkan Masyarakat sekitar kawasan Gunung Kuta, serta di hadiri dari berbagai lintas komunitas yang tidak hanya dari Bogor, melainkan dari Jakarta, Tanggerang, Depok, Bekasi dan Cianjur.

BACA JUGA :  Kolaborasi Antisipasi Krisis Iklim Melalui Penanaman Pohon di Wilayah Kabupaten Bogor
Hari Pohon Sedunia
Sejumlah anggota dari berbagai komunitas foto bersama saat acara penanaman pohon di Kawasan Gunung Kuta, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

“Ya selain penanaman pohon, kita juga sambil kemping serta menggelar diskusi dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari penggiat alam terbuka dan relawan.” Ujar Daday, Ketua pelaksana Kegiatan, Senin (22/21/2021).

“Di acara ini juga turut hadir Ketua Relawan Indonesia Pembela Alam ( RIMBA) bang Eko Wiwid, menjadi narasumber dalam sesi diskusi.” Sambung Daday.

Disamping itu, Ketua RIMBA, Wiwid menyampaikan, kegiatan Hari Pohon Se Dunia ini seyogyanya harus kita dukung sepenuh hati, karena ini bagian bentuk nyata partisipasi masyarakat untuk membantu pemerintah dalam memerangi kerusakan lingkungan dan mengurangi resiko bencana.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Ingatkan PPPK untuk Melayani Masyarakat Kabupaten Bogor Secara Optimal

“Ya selain menjadi ajang komunikasi dan silaturahmi antar komunitas atau elemen masyarakat dalam menyikapi berbagai isu kerusakan lingkungan, ini juga jadi bagian memperkuat gotong royong dalam melakukan kerja nyata sesuai kemampuan dan fungsinya.” Ujarnya Aktivis Sosial lingkungan yang akrab disapa bang Wiwid.

“Bukan hanya sebatas banyak retorika atau pembenaran semu yang hanya menghasilkan perdebatan yang tidak penting. Selain itu, hari Pohon Se Dunia ini harus bisa jadi hari pohon setiap saat dan kesmpatan kita menjaga dan merawat pohon agar tetap melindungi bumi tanah air kita tercinta,” tutupnya. (Didin/CR)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================