Rusia Waswas Ukraina Gunakan Roket Amerika

Rusia

BOGOR-TODAY.COM, MOSKOW – Penggunaan rudal anti-tank Amerika Serikat (AS) oleh pasukan Ukraina yang memerangi separatis di timur negara itu semakin mengkhawatirkan. Jika itu terjadi, prospek konflik besar-besaran di wilayah yang dilanda perang itu dapat meningkat.

Peringatan itu diungkapkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov pada Senin (22/11/2021).

Lavrov mengatakan klaim pasukan Ukraina telah mengerahkan peluncur roket Javelin buatan Amerika adalah perkembangan yang mengkhawatirkan.

Baca Juga :  Wakil Bupati Bogor Meminta PUI Tingkatkan Sinergi Membangun Kabupaten Bogor

“Dalam beberapa pekan terakhir, kami telah melihat aliran kesadaran dari kepemimpinan Ukraina, terutama ketika menyangkut militer, yang sangat meradang dan berbahaya,” ungkap dia.

Menurutnya, retorika yang agresif bisa memicu provokasi di lapangan.

Komentarnya muncul hanya beberapa jam setelah wawancara dengan Kepala Dinas Intelijen Militer Ukraina Kirill Budanov yang diterbitkan Military Times yang berbasis di AS.

Baca Juga :  Diah Pitaloka Menyebut RUU TPKS Sangat Identik Dengan Perempuan

Di dalamnya, kepala dinas intelijen Ukraina itu mengungkapkan Javelin telah diuji pasukan Kiev dan digunakan tentara di Donbass.

Saat AS memberikan bantuan “tidak mematikan” ke negara itu dan menjual amunisi ke sana, para analis berspekulasi sistem senjata itu bisa disumbangkan atau diberikan dengan harga diskon mengingat biayanya yang tinggi.