Tak Hanya Demam Berdarah
Tak Hanya Demam Berdarah, Fenomena Ini Muncul Saat Musim Penghujan. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTATak hanya demam berdarah, beberapa fenomena muncul saat musim penghujan. Salah satu fenomena yang terjadi yakni munculnya banyak anakan ular kobra yang berkeliaran di area permukiman.

Melansir kompas.com, Jumat (5/11/2021) ahli herpetologi (reptil dan amfibi) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy menyebut bahwa fenomena ini kerap terjadi terutama di musim penghujan seperti saat ini.

BACA JUGA :  Resep Membuat Sayur Gurih Nangka Muda, Dijamin Keluarga Nambah Terus

Kata dia, saat musim penghujan telur-telur ular menetas. Bahkan tidak hanya ular kobra, namun jenis ular lainnya pun mengalami ha serupa.

“Di musim hujan bersamaan dengan waktu menetasnya telur-telur ular kobra, maka secara otomatis, populasi anakan ular pasti akan meningkat,” terangnya.

Menurutnya, habitat ular kobra itu hidupnya berada di sekitar perumahan, lahan persawahan dan perkarangan. Saat induk ular kobra menemukan tempat yang tepat dan terlindungi di kawasan-kawasan tersebut, maka mereka akan meletakkan telur-telurnya.

BACA JUGA :  Simak Ini, Makanan Vegetarian yang Bisa Jadi Pengganti Asupan Ikan

“Sebetulnya, induk ular periode inkubasinya sekitar 3 bulanan. Artinya, telur-telur tersebut kemungkinan sudah diletakkan sekitar tiga bulan lalu, kemudian di musim hujan ini mulai menetas,” katanya.

============================================================
============================================================
============================================================