TIRTA PAKUAN

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor menggandeng Sekolah Bisnis-Institut Pertanian Bogor (SB-IPB) untuk melakukan Survei Kepuasan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota tahun 2021. Hasilnya, Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) untuk melayani produk punya nilai 80 persen dan masuk ke dalam kategori PUAS.

Selain itu, IKP untuk pelayanan jasa Tirta Pakuan memiliki nilai 79 persen dan masuk ke dalam kategori PUAS. Hal itu disampaikan Tim Peneliti Sekolah Bisnis IPB, F Okti Shalihati, MM.

“IKP pelayanan produk tertinggi sebesar 83 persen yang masuk kategori puas itu berada pada Zona 5, sedangkan IKP pelayanan produk terendah, walaupun masih berada dalam kategori puas, adalah sebesar 67% dan berada di Zona 2,” katanya saat mempresentasikan hasil survei di kawasan Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Rabu (1/12/2021).

BACA JUGA :  Bunuh Bayi yang Baru Dilahirkan, Siswi SMA di Cilacap Ditangkap

Ia menambahkan, untuk IKP pelayanan jasa tertinggi sebesar 81 persen, yang masuk dalam kategori PUAS, berada pada pelanggan di zona 1.

“Sedangkan IKP pelayanan produk terendah walaupun masih berada dalam kategori puas, adalah sebesar 67 persen dan berada di Zona 3,” tambahnya.

Okti menjelaskan Survei Kepuasan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan tahun 2021 ini dilakukan kepada 2.263 responden, berdasarkan berbagai klasterisasi dari 17 golongan. Mulai dari zonasi pelanggan, golongan tarif hingga sosial.

BACA JUGA :  Majalengka Diguncang Gempa Terkini M3,1, Terasa di Bandung Barat hingga Sumedang

“Jumlah ini sudah mewakili para pelanggan, keterwakilan semua sektor sudah terpenuhi. Alhamdulillah ini tahun ketiga kami dipercaya untuk survei ini, kita juga bisa membandingkan selama tiga tahun ini, sehingga ujungnya kita bisa memberikan rekomendasi-rekomendasi perbaikan kedepannya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Sumber Daya Kerjasama dan Pengembangan SB-IPB Dr. Nimmi Zulbainarni menuturkan, kerjasama ini salah satu cara paling baik untuk mendapatkan feedback dari pelanggan terkait pelayanan. Sehingga dari feedback ini menjadi dasar suatu kebijakan hingga mencari solusi dari persoalan di pelanggan Perumda Tirta Pakuan.

============================================================
============================================================
============================================================