BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Anggota DPR RI Komisi IV, Endang Setyawati Thohari (EST) kembali turun menemui masyarakat di Kota Bogor, kali ini politisi Partai Gerindra itu menyambangi warga dan pengurus RT, RW serta aparat Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (30/12/2021).

Kedatangannya juga sekaligus memberikan bantuan program pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sebesar Rp 392 juta yang kini sudah rampung dikerjakan di wilayah RW01 Bojongkerta. Selain itu, EST juga memberikan bantuan sebanyak 7 ekor kambing Boerka.

Endang Setyawati Thohari mengatakan, bantuan yang diberikan kepada masyarakat itu atas dasar jeritan hati dirinya yang ingin membangun wilayah Bojongkerta, yang mana dulunya itu terkenal bahwa Bojongkerta ini daerah tertinggal atau daerah miskin.

“Saya harapkan dengan adanya IPAL ini masyarakat Bojongkerta yang tadinya membuang sampah atau limbah itu sembarangan, tetapi sekarang sudah tertata rapi,” kata Endang Setyawati Thohari.

Selain itu, dirinya juga berharap bantuan yang sudah diberikan ini bisa dijaga dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Sehingga, programnya bisa berkelanjutan, dan masyarakatnya bisa berdaya, hidup bersih hingga diharapkan bisa menjadi contoh bagi wilayah lain. Intinya harus bergerak.

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Bogor Lepas Kafilah MTQ ke Kabupaten Bekasi

“IPAL ini bantuan dari pemerintah melalui dana aspirasi. Jadi kalau kita tidak bersuara, tidak di dukung, ya tidak ada bantuan ke sini, jadi dalam RDP saya selalu kemukakan bahwa pemerintah itu harus hadir ditengah masyarakat, dan alhamdulillah kami bisa mewakilinya sehingga bantuannya sampai kepada masyarakat dan bisa dimanfaatkan oleh mereka,” ujar EST.

Di samping itu, EST juga mengaku bangga dengan apa yang sudah dicapai oleh Bojongkerta menjadi terbaik kedua tingkat Jabar. “Ini luar biasa, semuanya Bergerak. Padahal kalau kita lihat, pejabatnya mulai lurah, sekretaris kelurahan hingga LPM di sini baru 8 bulan tetapi sudah memberikan yang terbaik untuk wilayahnya. Jadi saya sangat bangga,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Bojongkerta dalam hal ini diwakili Sekretaris Kelurahan Hardi Suhardiman menyampaikan rasa terimakasihnya atas bantuan yang sudah diberikan kepada Bojongkerta. Menurutnya, Bojongkerta ini, khususnya di wilayah RW01 masih terbilang tertinggal dan masih minim akan pembangunan, sehingga membutuhkan dorongan dan dukungan dari berbagai pihak.

BACA JUGA :  Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah ke-28, Sekda Kota Bogor Sampaikan Pesan Mendagri

“Alhamdulillah sekarang ada bantuan pembangunan IPAL yang menjadi salah satu solusi untuk membangun lingkungan masyarakat yang bersih dan nyaman. Bantuan ini juga sesuai dengan harapan kita, ditambah memang tagline Bojongkerta itu ialah Berseri (Bersih, Lestari dan Berdikari),” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, bantuan ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga yang dulunya Bojongkerta itu selalu di pandang sebelah mata, namun kini tidak lagi, karena masyarakatnya lebih berdaya dan lingkungannya pun bersih.

Di tempat yang sama Ketua RW01, Sri Sumarni menuturkan, di Bojongkerta ini ada 6 RW tetapi yang terbelakang itu adanya di RW01, sehingga perlu adanya gerakan dan dukungan pemerintah dan juga wakil rakyat.

“Kita memang terbelakang dari sisi pendidikan, penghasilan, pun begitu dengan pola pikir masyarakat yang masih terbelakang. Namun dengan adanya program ini bisa merubah pola pikir (mindset) dan juga meningkatkan taraf hidup masyarakat,” katanya. (B. Supriyadi).

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================