Tak hanya manusia
Tak Hanya Manusia, Semut Juga Memiliki Media Sosial. Foto : Ilustrasi semut berkomunikasi.

BOGOR-TODAY.COMTak hanya manusia, ternyata semut juga memiliki media sosial. Bahkan sistem media sosial semut lebih canggih dari buatan manusia.

Hal itu terungkap oleh seorang ilmuwan asal Swiss, Adria Leboeuf.

Adria merupakan asisten profesor dan pemimpin Laboratorium Cairan Sosial di Universitas Fribourg. Ia mengungkap jika manusia dapat bertukar informasi melalui posting dan komentar, maka semut berinteraksi dengan cara memuntahkan cairan ke mulut satu sama lain.

BACA JUGA :  10 Manfaat Jus Mentimun untuk Kesehatan, di Antaranya Menjaga Kesahatan Jantung..

Melansir dari Jurnal eLife, Jumat (10/12/2021) Adria, menyebut bahwa sebagian besar serangga memiliki usus depan, usus tengah, dan usus belakang. Namun, untuk serangga sosial, usus depan telah menjadi semacam perut sosial,.

“Isi usus tengah dan usus belakang dicerna, sedangkan isi usus depan dimaksudkan untuk dibagikan, Trophallaxis, atau tindakan memuntahkan makanan ke dalam mulut organisme lain, sangat umum pada spesies yang sangat sosial seperti semut,” kata Adria.

BACA JUGA :  Resep Membuat Tumis Buncis Ayam Pedas untuk Menu Makan Siang yang Sedap

Selama peristiwa trofalaksis, nutrisi dan protein diteruskan dari perut sosial satu individu ke perut lainnya, dan melalui serangkaian pertukaran ini, semut menciptakan “sistem peredaran darah sosial” yang menghubungkan setiap anggota koloni.

“Jika Anda melihat satu koloni, dalam satu menit Anda mungkin melihat 20 peristiwa trofalaksis,” kata Adria.

============================================================
============================================================
============================================================