BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Vaksinasi booster sudah dimulai. Para lansia dan warga di atas usia 18 tahun diharapkan segera memanfaatkan kesempatan ini. Prioritas diberikan kepada para lansia di atas usia 60 tahun. Dilanjut oleh warga berusia di atas 18 tahun.

Kota Bogor sudah dapat menyelenggarakan vaksinasi dosis ketiga dengan vaksin Astrazaneca ini karena telah memenuhi syarat.

VAKSINASI VAKSINASI

Seperti diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno, pemerintah menetapkan, vaksin Covid-19 booster bagi lansia dapat dimulai di seluruh kabupaten dan kota. Sedangkan bagi sasaran non lansia, vaksin Covid-19 booster dilaksanakan di kabupaten atau kota yang sudah mencapai 70% dosis 1 total dan 60% dosis 1 lansia.

Di Kota Bogor, “Per tanggal 11 Januari 2022, capaian vaksin Covid-19 untuk dosis 1 total adalah 101,45%, sedangkan dosis 1 lansia sebesar 80,21% dari jumlah sasaran vaksinasi Kota Bogor 819.444.

BACA JUGA :  Ini Daftar 16 Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Dengan kondisi itu Kota Bogor sudah bisa melaksanakan vaksin Covid-19 booster untuk sasaran non lansia atau masyarakat umum usia 18 tahun ke atas,” unkap Retno.

Syarat vaksinasi booster berusia di atas 18 tahun telah mendapat vaksin dosis 1 dan 2. Jarak antara vaksin dosis 2 dan booster adalah 6 bulan.

“Per tanggal 12 Januari 2022, jumlah sasaran yang sudah dapat diberikan vaksin booster sebanyak 112.349 orang dengan rincian lansia 34.698 orang, petugas publik dan masyarakat umum 77.651 orang,” lanjutnya.

VAKSINASI

Vaksinasi booster dilaksanakan bertahap sesuai urutan prioritas dan ketersediaan vaksin. Untuk saat ini , prioritas sasaran adalah lansia, kelompok masyarakat rentan atau orang dengan kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan daya tahan/imunitasnya rendah dan pelayan publik. Untuk itu telah disediakan vaksin Astrazaneca sebanyak 23.000 dosis.

BACA JUGA :  Briefing Staf Terakhir Bersama Wali Kota Bogor, Ini Kata Bima Arya dan Dedie Rachim

“Vaksinasi booster berikutnya dijadwalkan sesuai ketersediaan vaksin,” kata Kadinkes.

Vaksinasi untuk lansia diselenggarakan di 25 Puskesmas dan 68 Kelurahan di Kota Bogor. “Pendataan dilakukan di wilayah. Informasi mengenai jadwal dan lokasi vaksin bisa didapatkan melalui puskesmas atau kelurahan setempat,” jelasnya.

Vaksinasi booter menyadarkan semua pihak tentang potensi ancaman pandemi yang belum surut. Menilik catatan di tahun 2021, vaksinasi di Kota Bogor diawali pada Januari sampai Februari 2021 dengan sasaran para tenaga kesehatan.

============================================================
============================================================
============================================================