BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Perumda Pasar Pakuan Jaya berkolaborasi dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bogor, menggelar Bogor Festival Pencak Silat se-Jawa Barat seri 1 tahun 2022 di Blok F Trade Center Pasar Kebon Kembang lantai 3, selama tiga hari dari tanggal 28 hingga 30 Januari 2022.

Selain festival pencak silat, juga digelar Pesona Pusaka Nusantara yakni pameran ragam pusaka-pusaka dari berbagai daerah di Indonesia.

Dirut Perumda Pasar Pakuan Jaya, Muzzakir mengatakan, bahwa kegiatan festival pencak silat ini diikuti tiga Provinsi yaitu, Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta, dengan total peserta 430 tim.

Selain acara pencak silat, rangkaian acaranya pesona pusaka nusantara. Di acara itu, ada 43 stand yang menampilkan pusaka-pusaka dari berbagai daerah di Indonesia.

“Acara ini, diinisiasi atau digagas oleh IPSI Kota Bogor. Kenapa digelar disini? Kebetulan di lantai 3 ini kami punya lahan parkir yang cukup luas yang bisa menampung hingga 1000 lebih tapi belum teroptimalkan dengan penuh. Karena belum terisi semua jadi kita manfaatkan untuk beberapa kegiatan baik organisasi maupun kuliner,” ujarnya, Jumat (28/1/2022).

BACA JUGA :  Ternyata Daun Sirsak Miliki Banyak Khasiat untuk Tubuh, Ini Dia 10 Manfaatnya

Muzzakir menjelaskan, tujuan acara ini dilangsungkan di pasar, adalah selain untuk edukasi tentang bagaimana melestarikan budaya silat yang sudah turun temurun juga untuk mengenalkan pasar baru di Blok F ini kepada masyarakat sekaligus mengajak masyarakat berbelanja di pasar tradisional.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan di pasar ini, bisa membawa dampak ke ekonomi atau ke bisnis yang ada di pasar ini. Terlebih yang mengikuti acara ini dari berbagai daerah tidak hanya dari Bogor. Jadi, pengunjung yang menyaksikan bisa sekalian berbelanja ke bawah di pasar kita,” jelasnya.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Rudy Susmanto Minta Warga Kabupaten Bogor Siaga Bencana Alam, Segera Lapor Jika Muncul Bencana

Masih kata Muzzakir, acara pencak silat dan pameran pusaka ini adalah kali pertama digelar di Blok F Trade Center Pasar Kebon Kembang. Ia melihat, selain dari sisi seni dan kebudayaan pencak silat ini juga bagian dari olahraga.

“Kita meminta semua pihak baik peserta, juri, maupun wasit menjaga baik sportifitas dan diharapkan dari even ini lahir bibit-bibit pesilat berprestasi,” pungkasnya.

Bogor Festival Pencak Silat se-Jawa Barat seri 1 ini, akan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto pada Sabtu (29/1/2022) siang. Sedangkan Pesona Pusaka Nusantara akan dibuka oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim pada Sabtu (29/1/2022) pagi. (Aditya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================