5 manfat puasa senin kamis

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Dalam ajaran islam kita diajarkan untuk berpuasa. Menurut syara’ puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkanya dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari, karena perintah Allah semata- mata, serta disertai niat dan syarat-syarat tertentu.

Ada banyak macam puasa. Mulai dari puasa wajib hingga puasa sunnah.

Puasa juga tak hanya menjadi ritual keagamaan. Selain menunjang kebutuhan spiritual, puasa juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Meski identik dengan ritual ibadah pemeluk Islam, ternyata metode puasa juga banyak dilakukan masyarakat lintas agama dan budaya.

Puasa Senin Kamis ternyata memiliki karakteristik dan metode yang hampir mirip dengan diet 5:2. Metode diet satu ini mengharuskan penggunanya untuk membatasi asupan kalori selama dua hari dalam seminggu.

BACA JUGA :  Cek Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 18 April 2024

Diet 5:2 ini lebih mirip disebut sebagai gaya hidup atau pola makan jika dibandingkan dengan metode diet lainnya seperti diet ketofatosis yang melarang konsumsi karbohidrat.

Tidak ada batasan jenis makanan yang harus dikonsumsi, yang penting Anda disiplin dan konsisten menjaga asupan gizi seimbang.

Puasa Senin-Kamis dan diet 5:2 dinilai sama efektifnya dalam menurunkan berat badan sekaligus mengontrol produksi gula darah. Tentunya, selain kedua manfaat tersebut masih ada sejumlah “keajaiban” lainnya yang dapat Anda peroleh jika rutin menjalankan puasa Senin Kamis.

5 Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan

Apa saja manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Puasa Senin Kamis dapat Memperpanjang Usia
BACA JUGA :  Minum Teh Bisa Merusak Ginjal, Benarkah? Ini Kata Dokter

Pembatasan asupan makanan dengan jeda waktu tertentu seperti puasa Senin Kamis ternyata berpengaruh dalam meningkatkan usia harapan hidup sekaligus membuat tubuh tetap prima saat usia tua.

Pernyataan tersebut didukung hasil penelitian yang diterbitkan di The Harvard Gazette. Penelitian tersebut menyatakan, puasa dapat membantu memperlambat proses penuaan sekaligus mencegah potensi munculnya penyakit akibat usia tua.

Seseorang yang rutin melakukan puasa dalam jeda waktu tertentu cenderung lebih bugar dan tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan dini layaknya mereka yang tidak menjaga pola makan.

2. Meningkatkan Daya Ingat

============================================================
============================================================
============================================================