Saat berhubungan seks
Ilustrasi-seks

BOGOR-TODAY.COM – Kasus kematian mendadak akibat serangan jantung saat berhubungan seks ditemukan beberapa kali di Amerika Serikat.

Berdasarkan studi yang diterbitkan di Medico-Legal Journal tahun 2018, penyebab paling umum kematian mendadak saat berhubungan seks pada orang dewasa adalah penyakit jantung. Kondisi ini lebih banyak dialami laki-laki daripada perempuan.

Bukti lain dipaparkan dalam sesi ilmiah American Heart Association (AHA) tahun 2017. Dari 4.500 kasus serangan jantung yang terjadi di Portland, Oregon, selama 10 tahun, 34 kasus terkait dengan hubungan seks yang dilakukan satu jam sebelumnya.

BACA JUGA :  Baliho di Jalan Raya Sawangan Depok Roboh Diterjang Hujan Deras, Timpa Innova

Dari 34 kasus tersebut terdiri dari 32 laki-laki dan 2 perempuan yang terkena serangan jantung mendadak atau sudden cardiac arrest (SCA) terkait aktivitas seksual.

Lantas, kondisi seperti apa yang harus dihindari penderita jantung? simak berikut ini :

1. Stres

Stres dapat menyebabkan berbagai keluhan fisik termasuk gangguan asam lambung, dada berdebar, sesak napas, dan lain-lain. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko serangan jantung pada mereka yang sudah memiliki risiko sebelumnya.

BACA JUGA :  Maraknya Kasus Pencurian Hewan Ternak Resahkan Warga Kecamatan Leuwisadeng

2. Konsumsi Minuman Berenergi

Minum minuman tinggi kafein, seperti minuman energi dapat meningkatkan frekuensi denyut jantung dengan cepat. Hal ini tentu berisiko bagi mereka yang memiliki riwayat sakit jantung sebelumnya.

Perlu diperhatikan juga interaksi minuman sejenis dengan obat-obatan yang rutin dikonsumsi.

3. Konsumsi Obat Kuat

Konsumsi obat kuat, seperti Viagra, juga meningkatkan risiko serangan jantung saat berhubungan seksual.

============================================================
============================================================
============================================================