Daerah Irigasi Salihun di Wilayah Pamijahan Diresmikan Bupati

Daerah Irigasi Salihun
BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Bupati Bogor, Ade Yasin resmikan Daerah Irigasi Salihun di Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijahan dalam rangka menyediakan air bersih untuk pertanian dan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah Kecamatan Pamijahan. Hal itu diungkapkan Bupati Bogor saat meresmikan Daerah Irigasi Salihun dalam kegiatan kunjungan kerja ke wilayah Pamijahan, Senin (21/3/22).
“Investasi irigasi sangat penting dan strategis dalam rangka penyediaan air untuk pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian,” ungkap Ade Yasin.
menurut Ade Yasin bahwa tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Bogor menggelontorkan anggaran sebesar Rp539 juta untuk rehabilitasi Daerah Irigasi Salihun yang rusak karena bencana banjir awal tahun 2020. Katanya, Daerah Irigasi Salihun ini merupakan jenis irigasi permukaan, dengan panjang saluran 2.223,41 m, yang dibangun tahun 2006. Hasil digitalisasi tahun 2019, Daerah Irigasi Salihun ini mampu mengairi luas area 56,46 ha.
Terang Bupati Bogor bahwa daerah irigasi ini merupakan water management yang mengatur air, baik air hujan maupun air tanah, untuk mengairi lahan di sawah dengan 2 kali tanam dan hasil 5 ton/ha s/d 6,3 ton/ha yang bisa juga dimanfaatkan untuk pengairan kebun dan memelihara ikan.
“Semoga dapat dimanfaatkan dengan optimal dan ke depan produktivitas pertanian akan semakin meningkat. Saya mengajak pemerintah desa dan warga desa untuk bersama-sama menjaga dan merawat daerah Irigasi Salihun ini, agar bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (*)
BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 28 Maret 2024
============================================================
============================================================
============================================================