Sederet manfaat makan jengkol
Sederet Manfaat Makan Jengkol Bagi Kesehatan, Bisa Bikin Ramping Perut. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COMSederet manfaat makan jengkol bagi kesehatan. Jengkol, atau dalam bahasa latin Archidendron pauciflorum, banyak ditemukan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Tumbuhan ini sering dikonsumsi sebagai lalapan ataupun semur.

Akan tetapi, sebagaian masyarakat menghindari mengonsumsi jengkol dengan alasan baunya yang  tidak sedap. Namun siapa sangka ternyata jengkol memiliki sederet manfaat bagi kesehatan.

Melansir klikdokter.com, Kamis (5/5/2022) dr. Theresia Rina Yunita mengatakan, meski  memiliki bau yang menyengat, namun jengkol memiliki manfaat yang tidak main-main untuk kesehatan.

Apa saja manfaat mengonsumsi jengkol menurut dokter? Yuk, cari tahu di sini!

  1. Menangkal Radikal Bebas

Jengkol memiliki kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Kedua vitamin ini bertindak sebagai antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas, penyebab daya tahan tubuh menurun.

Jadi, mulai saat ini Anda tidak perlu merasa bersalah apabila mengonsumsi sedikit jengkol saat merasa kurang fit, ya.

  1. Mencegah Terjadinya Anemia
BACA JUGA :  Menu Sahur dengan Sup Miso Tofu Bayam yang Simple dan Lezat

Kandungan zat besi yang cukup banyak pada jengkol berguna dalam memperbanyak produksi sel darah merah. Oleh karena itu, konsumsi jengkol bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia.

Anemia ditandai dengan tubuh yang cepat lelah, sering mengantuk, kulit pucat, dan rasa dingin di tangan. Kondisi ini bisa disiasati dengan konsumsi makanan kaya zat besi, salah satunya jengkol.

  1. Membantu Jantung Tetap Bekerja Optimal

Manfaat jengkol bagi kesehatan tidak terlepas dari kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Seperi yang telah dijelaskan, kedua vitamin tersebut dapat berperan sebagai antioksidan.

Karena itulah, jengkol dapat mencegah berbagai racun yang perlu dibuang oleh tubuh.

Pada akhirnya, kerja jantung tidak akan berlebih dan tetap bertugas sesuai kemampuannya, sehingga kesehatan Anda tetap terjaga. Peredaran darah ke seluruh tubuh juga akan lancar dan tidak terganggu.

  1. Menguatkan Tulang
BACA JUGA :  Kecelakaan Pemotor Emak-Emak di Bantul Patah Tulang usai Ditabrak Vixion

Tak hanya zat besi dan protein, jengkol juga memiliki kalsium dan fosfor di dalamnya. Berkat kandungan tersebut, jengkol bermanfaat untuk kesehatan tulang Anda.

Kalsium dan fosfor penting untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Kondisi tersebut bisa terjadi pada siapa saja yang kekurangan mineral tersebut.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Konsumsi jengkol yang disertai gaya hidup sehat dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Terutama bila Anda memiliki faktor risiko diabetes dalam keluarga.

Khasiat ini diperoleh dari kandungan asam jengkolat dalam jengkol.

Apabila Anda sudah mengidap diabetes, tetaplah mengonsumsi obat maupun menggunakan obat suntik yang diresepkan oleh dokter.

  1. Menjaga Keseimbangan Metabolisme Tubuh

Asam folat dan vitamin B6 dibutuhkan agar tubuh dapat menjalankan berbagai fungsinya dengan baik.

Kandungan asam folat ini sangat diperlukan wanita hamil karena baik untuk perkembangan janin.

============================================================
============================================================
============================================================