tidur di dalam mobil
Waspada, Ini Bahaya Tidur di Dalam Mobil Saat Mudik. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Melakukan perjalanan mudik ke luar kota menggunakan mobil bersama keluarga memang seru. Namun, jarak tempuh untuk sampai ke tempat tujuan akan semakin lama dibanding menggunakan pesawat atau kereta.

Tentunya, pengemudi akan membutuhkan waktu untuk istirahat malam. Alhasil tidur di dalam mobil menjadi salah satu pilihan. Melansir klikdokter.com, Kamis (5/4/2022) dr. Muhammad Isman S menyebutkan tindakan tidur dalam mobil itu sangat berisiko bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah :

Risiko Keracunan Karbon Monoksida (CO)

Bahaya tidur di mobil menimbulkan risiko keracunan gas karbon monoksida atau CO. Gas CO merupakan sisa pembakaran mobil yang biasa dibuang melalui knalpot atau bisa juga keluar dari AC jika sistem pembuangan AC bermasalah.

Keracunan CO dapat terjadi ketika tidur di dalam mobil, di mana kondisi mobil dan AC mobil masih menyala. Gejala awal keracunan gas CO sulit dideteksi, mengingat gas ini tidak berbau dan tidak kelihatan.

BACA JUGA :  Pj.Bupati Bogor : Peringatan Nuzulul Quran Jadi Refleksi Pengamalan Nilai Al Qur’an Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Risiko Terguncang

Tidur dengan kasur di dalam mobil akan terkesan sangat nyaman. Namun, sebenarnya mobil tidak dirancang untuk memiliki kasur di dalamnya.

Berbeda dengan kendaraan lain, mobil merupakan kendaraan yang sangat dinamis. Mobil bisa melakukan akselerasi, bermanuver ke kiri dan kanan, hingga deselerasi atau berhenti mendadak.

Hal itu akan membuat Anda rawan terguncang di atas kasur jika terjadi gerakan tiba-tiba dari mobil yang berisiko mencelakakan Anda.

Meningkatkan Risiko Penggumpalan Darah

Apakah tidur dalam posisi duduk berarti aman? Ternyata tidak! Tidur di dalam kendaraan dengan posisi duduk berisiko menyebabkan gumpalan darah.

Sebab, Anda akan berada dalam kondisi duduk yang lama, sehingga darah di kaki cenderung statis. Hal inilah yang berisiko mengakibatkan penggumpalan darah.

BACA JUGA :  Delman di Bantul Terperosok ke Parit 3 Meter, Diduga Kuda Tak Bisa Dikendalikan

Kondisi tersebut terungkap dalam sebuah jurnal yang diterbitkan Canadian Journal of Cardiology. Sebanyak 42 dari 50 pasien penggumpalan darah memiliki riwayat tidur semalaman di dalam mobil dengan posisi duduk.

Risiko Tertabrak

Bukan hanya kurang baik bagi kesehatan, tidur di kendaraan juga memiliki risiko kecelakaan. Apalagi ketika Anda memarkir kendaraan tidak pada tempat dan posisi yang benar, kecelakaan mungkin bisa terjadi.

Tips Aman Tidur dan Menginap di Mobil Saat Mudik

Tidur dan menginap di dalam mobil saat mudik sebenarnya boleh saja, asalkan Anda berhenti di tempat yang aman. Selain itu, lakukan hal-hal di bawah ini agar tetap nyaman dan aman tidur di mobil:

============================================================
============================================================
============================================================