Mau Hidup Hemat? Ini 5 Kota yang Tawarkan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Biaya hidup yang murah memang diinginkan banyak orang, apalagi untuk mahasiswa yang ingin hidup hemat.

Nah, jangan salah, ternyata di Indonesia juga banyak lo kota-kota yang menyediakan biaya hidup yang murah, cocok untuk kamu yang mempunyai gaya hidup yang berhemat.

Gaya hidup akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan seseorang. Lalu dimana saja kota di Indonesia yang bisa menawarkan biaya hidup termurah di Indonesia?

  1. Yogyakarta

Kota yang terkenal dengan sebutan kota pelajar ini memang menjadi pilihan bagi para mahasiswa untuk tinggal dan hidup di kota ini. Untuk biaya hidup di sini, hanya menghabiskan uang sekitar Rp1,5 juta.

Untuk biaya kost hanya berkisar antara Rp300 hingga Rp700 ribu per bulan. Unutk biaya makanpun, bisa dibilang sangat terjangkau. Hanya dengan Rp5 ribu saja, sudah bisa mendapat seporsi makanan.

  1. Solo

Merupakan kota dengan biaya termurah di Indonesia yang menempati urutan pertama. Tidak jauh berbeda dengan Yogyakarta, biaya hidup di Solo hanya Rp1,5 juta. Mulai dari tempat tinggal, harga makanan, hingga transportasi juga tidak jauh berbeda dengan Yogyakarta.

BACA JUGA :  Bejat, Ayah Perkosa Anak Kandung di Serang hingga Hamil dan Melahirkan

Tidak hanya itu, Kota Solo merupakan sebuah kota yang dimintai oleh para Mahasiswa untuk kuliah. Karena memang biaya uang kuliah di beberapa perguruan tinggi yang ada di kota ini sangat terjangkau.

Untuk diketahui, Upah Minimum Kota (UMK) di Solo tahun 2022 adalah sebesar Rp2.035.720. Tidak hanya itu, hanya dengan membawa uang sebesar Rp5 ribu, seporsi makananpun sudah bisa didapat.

  1. Kota Metro

Merupakan salah satu kota yang cukup besar di Provinsi Lampung. Apabila dihitung – hitung, biaya hidup per bulan di Metro kurang lebih sebesar Rp 3 juta saja. Biaya hidup ini sudah termasuk biaya makan, tempat tinggal, transportasi, dan biaya lain – lain.

Untuk biaya kontrak rumah, di Metro pada umumnya hanya membutuhkan uang sebesar Rp4 juta per tahun atau sekitar Rp350 ribu per bulan. Sementara itu, untuk biaya makan di kota Metro, hanya berksiar Rp600 hingga Rp800 ribu per bulan.

  1. Purwokerto

Merupakan sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah. Kota ini masuk dalam kategori kota dengan biaya hidup termurah nomor tiga. Memang kalau dilihat – lihat, kota – kkota yang biaya hidupnya terjangkau itu ada di Jawa Tengah.

BACA JUGA :  Bawolato Nias Geger, Penemuan Mayat Pria Mengapung di Sungai Hou Sumut

Kebutuhan untuk makanan sehari – hari, transportasi, tempat tinggal, dan kebutuhan rumah cukup terjangkau di Purwokerto. Apabila dihitung, maka uang Rp 2 juta tidak akan habis apabila hidup di kota ini. Biaya kost di kota ini antara Rp300 hingga Rp700 ribuan saja.

  1. Cirebon

Merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Yang masuk ke dalam kota dengan biaya hidup murah. Mulai dari makanan, kebutuhan rumah, tempat tinggal, hingga transportasi yang ada di kota ini bisa dibilang cukup terjangkau.

Apabila dihitung – hitung, maka biaya hidup per bulan di Cirebon ini hanya berkisar Rp2,5 juta saja. Namun, apabila sudah berkeluarga, maka biaya hidupnya bisa disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.

Itulah 5 kota dengan biaya hidup murah yang kami rekomendasikan untuk anda. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================