BOGOR-TODAY.COM, BOGOR  – Oting Supriatna warga Taman Cibinong Asri RT 05 RW 19, Kelurahan Karedenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor memanfaatkan limbah pipa pvc untuk dijadikan kerajinan tangan yang bernilai ekonomi.

Dirinya menjelaskan, Berawal dari menemukan pipa pvc bekas Oting Supriatna konsisten menjalani bisnisnya dari tahun 2014 silam hingga saat ini dengan membuat kerajinan tangan berbahan pipa bekas tersebut

“Awalnya saya menemukan PVC bekas dekat rumah sekiranya ukuran nya paling sejengkal, setelah itu saya buat gelang dan waktu itu saya bawa ketempat kerja teman teman pada pingin dan pesan.”ujar Oting kepada bogor-today.com

Dari ide kreatif dan keahlian tangan nya pria yang kerap disapa kang Oting ini mampu menghasilkan tempat korek, gelas, nampan air mineral, tempat buah, lampu- lampu, tugu hingga naga.

BACA JUGA :  Kontroversial Wasit di Laga Indonesia vs Qatar, PSSI Layangkan Protes ke AFC

Untuk harga jual produk kerajinan tangan tersebut dijual dengan harga mulai dari harga lima ribu hingga puluhan juta rupiah, tergantung dari jenis dan ukuran produk nya.

“Pernah ada yang nawar naga sekitar 25 juta cuman belum saya jual, karena pembuatan nya tidak mudah memakan waktu sampai 3 bulan.”tambahnya.

Oting juga juga mengatakan produk di Sharaga Art miliknya sudah dipasarkan di seluruh wilayah Indonesia dan sebagian ada yang di ekspor ke luar negri.

” Yang menawarkan untuk ekspor banyak tetapi disini saya masih kekurangan SDM jadi saya pending dulu”.lanjutnya.

BACA JUGA :  Makan Banyak saat Lebaran Naikan Berat Badan? Ini Dia 5 Minuman Bantu Turunkan BB

Membuat kerajinan tangan dengan pipa pvc bekas, kata Oting tidak mudah dirinya harus memikirkan konsep jika ada pemesanan untuk produk custom.

“Kalo bahan baku masih aman karena kan kita memanfaatkan sisa limbah, di sanalah kita pilah pilih mana yang layak dan tidak layak.” Katanya.

Produk dari Sharaga Art juga tak hanya dijual, akan tetapi selalu mengikuti event event kedinasan untuk dipamerkan dan banyak meraih penghargaan.

” Alhamdulillah untuk penghargaan kita sudah dapat waktu itu yang produknya naga kami dapat beberapa kategori penghargaan mulai dari pemanfaatan limbah dan kampung ekonomi kreatif.”pungkasnya ( Fadilah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================