BOGOR-TODAY.COM, CIANJUR –  Para Relawan menemukan belasan celana dalam pria dan wanita serta puluhan botol plastik bekas minuman di jalur pendakian Gunung Gede Pangrango yang berada di perbatasan Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Setiap melakukan operasi bersih, para relawan sering menemukan celana dalam dan sampah plastik.

“Saat kegiatan operasi bersih rutin yang digelar saat pendakian ditutup, relawan pasti menemukan celana dalam yang dibuang pendaki tidak bertanggung jawab,” kata salah Sorang Volunteer Gunung Gede Pangrango Niko Rastagil kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

BACA JUGA :  Bima Arya - Dedie Rachim dan Warga Salat Idul Fitri di Lapangan Sempur

Celana dalam dan sampah plastik, ujar Niko Rastagil, mengotori Gunung Pangrango dan jika dibiarkan akan merusak ekosistem hutan.

“Sekali operasi bersih, bisa belasan hingga puluhan celana dalam kami temukan. Tidak banyak tapi tetap saja sampah dan membuat pemandangan tidak nyaman,” ujarnya. Niko Rastagil menuturkan, celana dalam pria ataupun perempuan itu banyak ditemukan di jalur pendakian dan di sekitar Alun-alun Suryakencana. “Kebanyakan celana dalam ditemukan di jalur pendakian,” tutur Niko Rastagil.

BACA JUGA :  Hanya Pakai 3 Bahan Dapur Bisa Bikin Kinclong Kerak Tungku Kompor! Simak Ini

Tindakan membuang celana dalam di Gunung Gede Pangrango, kata Nikot, sangat tidak dibenarkan. Barang apa pun yang dibawa pendaki seharusnya dibawa pulang dan dibuang di tempat yang sudah disediakan.

Para pendaki diimbau tidak membuang sampah apa pun di kawasan Gunung Gede Pangrango. “Kepada para pendaki, kami imbau ikuti dan taati aturan yang sudah ditetapkan,” kata Agus Deni. –(Net).

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================