Mandi Air Hangat Pagi dan Malam Hari Ternyata Memiliki Manfaat, Simak Penjelasannya

BOGOR-TODAY.COM – Mandi dengan air hangat bisa membuat seseorang menjadi lebih nyaman dan pikiran menjadi rileks. Biasanya, beberapa orang mandi dengan air hangat karena kondisi pagi yang dingin.

Menggigil dinginnya pagi, kebanyakan orang akan menghangatkan tubuhnya dengan mandi air hangat. Sementara itu, beberapa orang lainnya juga memilih mandi air hangat saat malam hari.

Namun, bagaimana sebenarnya manfaat yang diberikan dari mandi dengan air hangat ini?

Mandi air hangat pada pagi hari dan malam hari sama-sama memberi manfaat. Namun, manfaat yang diberikan itu sendiri berbeda-beda. Hal itu diungkap Ahli dan praktisi kesehatan, dr. Berian Rachmanadi.

Manfaat Pagi Hari

Dr. Berian mengatakan, seseorang yang mandi air hangat pada pagi hari akan membuat pembuluh darah melebar dan membuat aliran darah lancar. Hal tersebut yang membuat seseorang menjadi lebih siap ketika menjalani hari.

BACA JUGA :  7 Makanan Sehat Ini Ternyata Akan Bantu Turunkan Gula Darah

Tidak hanya itu, dr Berian juga menjelaskan, uap dari air hangat itu sendiri dapat memantu mencairkan dahak dan reak yang tersumbat saat pagi hari. Hal tersebut sangat berguna untuk mencegah seseorang dari berbagai penyakit.

“Dengan mandi air hangat, uapnya itu baik untuk pernapasan, jadi dahak dan reak di pagi hari akan encer sehingga bagus untuk tubuh. Hal ini juga yang membuat seseorang terhindar dari gejala batuk dan pilek,”ungkap dr. Berian.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Warung Nasi Padang di Bandung, Diduga Gara-gara Bakar Ayam

Manfaat Malam Hari

Dr. Berian juga menjelaskan untuk manfaat malam hari, air hangat dapat merelaksasi otot-otot yang tegang pasca bekerja. Hal ini akan mendorong seseorang menjadi lebih tenang dan rileks.

Tidak hanya itu, air hangat juga mendorong produksi endorfin yang membuat suasana hati menjadi baik. Hal ini mendorong perasaan bahagia seseorang sehingga tidur yang dilakukan juga menjadi lebih berkualitas.

“Mandi air hangat saat malam akan membuat otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks. Selain itu, air hangat yang mengenai kulit akan meningkatkan hormon endorfin yang membuat perasaan bahagia sehingga tidur menjadi lebih berkualitas,” pungkasnya. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================