BOGOR-TODAY.COM – Lukisan merupakan salah satu bentuk karya seni yang indah dan kuat. Setiap goresan dan polesannya memiliki nilai pada lukisannya. Indonesia dengan banyaknya keragaman budaya, ternyata banyak memiliki nilai seni yang luar biasa.

Lukisan-lukisan ini merupakan bukti bahwa seni di Indonesia sangat mengalir kental dan indahnya makna dari setiap lukisannya ternyata mampu membawa nama Indonesia hingga ke mancanegara.

Oleh karena itu, agar kamu lebih mengenal dengan seni lukis yang ada di Indonesia. Berikut Kawan GNFI sampaikan, 5 lukisan terkenal di Indonesia yang dilukis oleh pelukis-pelukis Indonesia yang luar biasa.

1. Lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro, Karya Raden Saleh

Pangeran Diponegoro merupakan pahlawan nasional yang lahir pada 11 November 1785 dan merupakan putra dari pasangan suami istri Sri Sultan Hamengku Buwono III dan R. A. Mangkarawati. Pangeran Diponegoro memimpin Perang Jawa selama 5 tahun melawan Belanda dan perang tersebut berlangsung dari tahun 1825 hingga 1830 serta menelan banyak korban yaitu 8.000 korban Belanda dan 7.000 pribumi.

Tetapi pada tanggal 28 Maret 1830 saat Pangeran Diponegoro diundang oleh Letnan Hendrik Merkus de Kock ke wisma keresidenan di Magelang, ia ditangkap saat menandatanggani perjanjian perdamaian antara pihak Belanda dan rakyat Indonesia.

Untuk mengenang jasa perjuangan Pangeran Diponegoro dan pasukannya, Raden Saleh Syarif Bustaman atau biasa dipanggil Raden Saleh terinspirasi untuk membuat lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro. Ia merupakan seorang pelukis senior masa Hindia Belanda. Raden Saleh juga merupakan orang dibalik lukisan Stasiun Pos Jawa dan Perburuan Rusa. Kemampuan melukisnya yang sangat luar biasa membuat karyanya tersimpan di Smithsonian Art Museum di Amerika Serikat dengan judul karya “Forest and Native House”.

Lukisan Penangkapan Diponegoro juga mampu membawa nama Indonesia sampai ke Eropa yaitu Rijk Museum di Belanda dan Louvre Museum di Prancis.

Lukisan yang diberi judul “Penangkapan Diponegoro” merupakan cuplikan kejadian nyata saat Pangeran Diponegoro ditangkap di Magelang oleh Belanda. Pada lukisan tersebut Pangeran Diponegoro berdiri di depan de Kock dalam pose menantang, pada tingkat yang sama dan saling berhadapan sebagai manifestasi dari fakta bahwa orang Jawa sejajar dengan orang Belanda. Dan lukisan ini juga menggambarkan nasionalisme rakyat Indonesia dan perjuangan Pangeran Diponegoro hingga akhir.

BACA JUGA :  Minuman Segar dengan Es Krim Soda yang Praktis Mudah Dibuat

2. Lukisan Berburu Rusa

Lukisan karya Raden Saleh setelah lukisan Penangkapan Diponegoro ini juga mampu menyihir mata dunia. Lukisan yang diberi judul “Perburuan Rusa” ini atau “The Deer Hunt” merupakan salah satu karya Raden Saleh yang menggambarkan perjuangan untuk bertahan hidup. Lukisan asli seniman Indonesia ini terkenal di mancanegara dan terjual seharga 1,8 miliar dolar di Singapura pada tahun 1996.

Raden Saleh memang dikenal sebagai pelukis dengan karyanya yang penuh perjuangan. Selain “The Deer Hunt” terdapat juga karyanya yaitu “The Lion Hunt”, “ The Bull Hunt” dan “Fighting The Lion”.

3. Lukisan Nyi Roro Kidul

Siapa yang sudah tidak asing lagi dengan lukisan Nyai Roro Kidul yang sangat fenomenal. Karya Basoeki Abdullah ini menjadi salah satu lukisan yang memiliki nilai legenda Nusantara. Sosok Nyi Roro Kidul diyakini oleh kebanyakan masyarakat sebagai penguasa Pantai Selatan Pulau Jawa.

Konon katanya, Basoeki Abdullah sempat bertemu dengan Nyi Roro Kidul saat beliau naik sepeda dan bersembahyang di Pantai Parangtritis. Ia mendengar adanya suara di tepi pantai dan akhirnya mengakui bahwa Nyi Roro Kidul benar adanya dan dapat ditemui di Pelabuhan Ratu atau sepanjang Laut Selatan.

Alasan tersebutlah yang membuat Basoeki Abdullan melukis sosok Nyi Roro Kidul. Selama proses melukisnya, Basoeki sempat terkendala karena ia tidak pernah melihat jelas wajah Nyi Roro Kidul sampai akhirnya ia menggunakan model sebagai representasinya.

Namun, semua model yang akan berperan sebagai Nyi Roro Kidul menderita sakit parah sampai-sampai sebagian dari mereka tidak tertolong. Awalnya Basoeki mengira itu semua hanya kebetulan tetapi setelah terjadi lebih dari tiga kali akhirnya ia waspada akan hal tersebut. Sehingga Basoeki hanya menggunakan imajinasinya untuk dituangkan ke dalam lukisannya.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Tinjau Langsung Lokasi Longsor dan Serahkan Bantuan Kepada Korban Terdampak Bencana

4. Lukisan Badai Pasti Berlalu

Lukisan karya Affandi yang berjudul “Badai Pasti Berlalu” menceritakan tentang perjuangan manusia yang mengarungi samudera luas untuk mencapai suatu tempat tujuan. Layaknya sifat alamiah manusia yang pantang menyerah untuk mendapatkan apa yang ingin dia miliki, lukisan ini sangat menggambarkan nuansa perjuangan manusia. Namun, sebagaimana manusia yang hanya bisa mengusahakan tetapi hanya Tuhan lah yang menentukan takdir.

Di tengah perjuangan manusia untuk mencapai tujuan mereka, hadirlah ombak badai yang kecil hingga besar yang menggoyahkan semangat mereka. Namun, sejatinya jika manusia ikhlas dengan apapun yang akan terjadi semuanya akan membawa kita ke tujuan terbaik kita.

5. Lukisan Balinese Procession

Lukisan yang berjudul “Balinese Procession” ini merupakan lukisan karya Lee Man Fong, seorang pelukis asal Cina yang lama menetap di Indonesia. Ia juga merupakan pelukis yang sering melukis tentang binatang sekaligus pelukis Istana Kepresidenan di era Ir. Soekarno.

Lukisan-lukisan karya Lee Man Fong banyak dijadikan sebagai lukisan koleksi Istana Negara. Lukisan “Balinese Procession” mampu menyihir mata dunia dan terjual seharga Rp 27,28 miliar di balai lelang Sotheby’s Hong Kong pada April 2017. Lukisan tersebut merupakan pengalamannya saat ia bermukim di Bali dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu Lee Man Fong juga melukis karya yang berjudul “Fifteen Goldfish”, sebuah lukisan yang fenomenal di kalangan pecinta seni lukis dan sudah terjual sebesar Rp 16 miliar dalam lelang Christie’s di Hongkong.

Nah, itulah 5 lukisan Indonesia penuh makna yang terkenal di mata dunia. Apakah kalian pernah melihat salah satu karya terbaik dari para pelukis maestro Indonesia ini?

============================================================
============================================================
============================================================