Ini Dia Posisi Tidur yang Baik saat Sedang Batuk

BOGOR-TODAY.COM – Pada malam hari, salah satu hal yang sangat mengganggu ketika sedang tidur adalah batuk yang terus-menerus. Selain terganggu waktu istirahat, penderitanya juga akan merasa gelisah. Pada beberapa kasus, batuk dirasakan lebih berat dan mengganggu saat malam.

Posisi tidur saat sedang batuk juga berpengaruh untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada batuk. Posisi tidur terbaik saat sedang batuk ini sesuai rekomendasi ahli.

Menurut saran dari pakar kesehatan, posisi tidur yang tepat dapat membantu meredakan batuk sekaligus membuat tidur jadi lebih nyaman.

BACA JUGA :  Disdukcapil Kota Bogor Berlakukan Antrean Daring Prima Antri, Ini Caranya

Lantas, bagaimana posisi tidur saat sedang batuk? Berikut ini rekomendasi posisinya yang efektif mengurangi batuk dan gejala lainnya, sehingga bisa tetap terlelap sepanjang malam.

Posisi Tidur saat Batuk

  • Tidur dengan posisi bantal tinggi

Tidur seperti setengah duduk dengan menggunakan beberapa bantal sebagai penopang kepala dinilai menjadi posisi terbaik saat sedang batuk.

Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada tubuh dapat mencegah bahkan mengurangi keparahan batuk.

Sebaliknya, tidur posisi telentang dengan posisi kepala dan tubuh yang sejajar justru dapat memperparah batuk, mengutip laman Sleep Foundation.

BACA JUGA :  Pemerintah Kota Bogor Targetkan Raih Predikat Utama KLA 2024

Apabila belum terbiasa, posisi ini memang bisa saja membuat tidak nyaman. Tapi, Anda dapat mengurangi jumlah bantal tersebut setelah batuknya dirasa mulai berkurang.

  • Tidur miring ke kiri

Bagi Anda penderita maag dan kesulitan tidur karena mengalami batuk tersedak, disarankan untuk mengambil posisi tidur miring menghadap ke kiri.

Selain mengurangi refluks asam, tidur miring ke kiri bermanfaat menghindari tersedak yang menyebabkan batuk karena cairan asam dari lambung naik ke kerongkongan dan laring.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================