gadget
Ilustrasi perangkat gadget terbakar.

BOGOR-TODAY.COM  – Seiring berjalannya waktu, teknologi kian menghasilkan berbagai inovasi baru dengan menghadirkan produk gadget terdepan, salah satunya melalui hp. Perangkat ini menyuguhkan berbagai fitur canggih dan spesifikasi mumpuni dalam satu genggaman.

Tidak heran, jika peran ponsel saat ini sangatlah penting khususnya pada penggunaan sehari-hari. Akan tetapi, penggunaan hp yang salah bisa menyebabkan kerusakan cukup ekstrem, bahkan bisa saja meledak.

Biasanya pertanda yang muncul yaitu pengguna mulai merasakan hp cepat panas. Jika digunakan terus dalam kondisi ini, maka kemungkinan hp meledak hingga membahayakan pengguna maupun lingkungannya.

Oleh karena itu, penting menjadi smart user dalam mencegah kejadian kemungkinan buruk tersebut. Kamu pasti penasaran dengan alasan yang membuat hp meledak.

Melansir eraspace.com, berikut tips penyebab ponsel Sering Panas dan Berisiko Meledak

Menggunakan Charger yang Tidak Original dan Kabel Rusak

Baterai merupakan komponen penting dalam pengoperasian mesin gadget. Di mana, penting untuk memperhatikan kondisi baterai dengan melakukan perawatan secara rutin. Mengingat, komponen di dalam baterai sangat sensitif sehingga bisa menimbulkan kerusakan dan berbahaya. Salah satu kebiasaan banyak orang dalam membuat kondisi baterai menjadi berisiko adalah penggunaan charger yang tidak original.

BACA JUGA :  Bejat, Ayah Perkosa Anak Kandung di Serang hingga Hamil dan Melahirkan

Oleh karena itu, pilihlah charger yang original untuk mengisi daya baterai hp sehingga bisa beroperasi dengan maksimal. Pastikan juga untuk menggunakan charger dengan kondisi baik alias kabel maupun kepala charger yang tidak rusak. Hal ini jelas akan membahayakan hp karena dapat mengakibatkan gadget cepat panas bahkan kerusakan pada baterainya. Ketika hp cepat panas, terjadi reaksi ‘thermal runaway’ yang cukup berbahaya untuk menyebabkan baterai panas, terbakar, dan meledak.

Menutupi Maupun Menggunakan HP Saat Mengisi Daya

Alasan selanjutnya mungkin terdengar biasa saja, namun menutupi handphone ketika dicas nyatanya berbahaya. Di mana, kondisi hp seperti ini akan membuat hawa panas tidak bisa dilepas pada proses pengisian daya yang juga membuat mesin menanggung panas tersebut. Akibatnya, baterai menjadi cepat rusak dan mengakibatkan ‘thermal runaway’ seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Pemakaian hp saat proses pengisian daya juga bisa mengakibatkan hal yang kurang lebih sama. Ketika proses pengisian daya handphone, ada baiknya tidak sambil digunakan karena menyebabkan overheat. Di mana, kualitas baterai bisa terganggu dan harus bekerja lebih keras. Untuk itu, sebaiknya pengguna tidak menutupi maupun memainkannya saat proses pengisian daya sehingga terhindar dari risiko hp meledak.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 19 April 2024

Membawa HP ke Suhu Ekstrem

Penyebab hp meledak selanjutnya adalah suhu eksternal yang ekstrem. Di mana, saat pengguna berlibur ke pantai maupun sedang memasak dapur sambil membawa hp, paparan panas dari matahari maupun kompor akan membuat suhu pada handphone meningkat. Padahal, suhu optimal gadget berada pada 0 hingga 35 derajat Celcius.

Apabila suhu ekstrem pada handphone terjadi secara berulang-ulang, baterai hp bisa rusak dan menimbulkan bahaya di waktu mendatang. Masalahnya antara lain seperti kerusakan baterai, kerusakan internal hingga ponsel terbakar atau meledak.

Itu dia sejumlah penyebab hp meledak yang bisa kamu hindari dengan sejumlah cara. Sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan yang salah sehingga bisa merusak gadget kesayangan. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================