PEKA
PWI Peduli Kemanusiaan (PEKA) Kota Bogor bekerja sama dengan Baraya Trail Bogor menyalurkan bantuan ke daerah pelosok yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – PWI Peduli Kemanusiaan (PEKA) Kota Bogor bekerja sama dengan Baraya Trail Bogor menyalurkan bantuan ke daerah pelosok yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur.

Ketua PEKA PWI Kota Bogor, Yudi Irawan mengatakan upaya ini dilakukan karena beberapa lokasi yang terdampak gempa berada di daerah dengan kondisi aksesnya sulit untuk dilalui kendaraan roda dua.

“Ya kita menggandeng komunitas trail Bogor untuk membantu penyaluran bantuan seperti ke Galudra dan Pasir Malang Kabupaten Cianjur,” katanya, Senin (5/12/2022).

PEKA

Pria yang akrab disapa Iduy itu menambahkan, akses menuju lokasi salah satunya Kampung Pasir Malang aksesnya berat meskipun ada jalan utama namun untuk membawa bantuan yang jumlahnya banyak agak sulit.

“Ada akses utama jalan beton tapi kalo bawa logistik lumayan banyak agak sulit apalagi kalo dipanggul bisa capek banget,” kata Iduy.

BACA JUGA :  Hanya Pakai 3 Bahan Dapur Bisa Bikin Kinclong Kerak Tungku Kompor! Simak Ini

Menurutnya, jalan desa ukurannya sempit sehingga jika menggunakan kendaraan roda empat bisa menyebabkan macet dan bisa memakan waktu lama dalam proses pendistribusian.

“Makanya kita menggandeng komunitas trail yang kebetulan ini anggotanya didominasi anak muda, semangat masih tinggi dan fisiknya masih bagus jadi kalo dapet jalan rusak mereka sudah siap,” ujarnya.

Sementara Ketua Komunitas Baraya Trail Kolot Bogor, Agung Pambudi menjelaskan keterlibatan komunitas adalah ingin membantu dengan cara pendistribusian dengan kendaraan yang ada.

“Kita datang dari Bogor ingin membantu sesama terutama mereka yang jadi korban gempa,” tutur Agung.

Selanjutnya, masih kata Agung komunitas Baraya Trail Kolot ini membantu proses pendistribusian logistik dari posko PWI PEKA ke sejumlah wilayah.

“Ada juga bantuan dari warga Bogor dan anggota kita yang dititipkan ke Baraya, semua kita salurkan termasuk bantuan milik PWI,” ujarnya.

BACA JUGA :  Menu Tanggal Tua, Kacang Panjang Tumis Telur yang Murah dan Praktis

Bantuan yang disalurkan melalui PWI PEKA merupakan hasil donasi dari sejumlah pihak. Selain warga anggota PWI sendiri, ada juga dari warga Bogor yang dititip melalui PWI PEKA.

Bahkan dari luar Bogor, seperti GMEDIA yang berkolaborasi dengan para Jurnalis Pawarta Yogyakarta memberikan bantuan kepada warga korban dan terdampak Gempa Cianjur. Aksi sosial dilakukan dengan Berbagi Bunga #DoaUntukCianjur sekaligus Posko Donasi.

Seperti diketahui, Kecamatan Cugenang merupakan episentrum gempa Cianjur dan terdapat beberapa kampung yang lokasinya cukup terpencil. Kampung-kampung ini berada di kaki Gunung Gede, jalan menanjak dari mulai akses utama jalan raya hingga tiba di kampung tujuan, Kampung Pasir Malang. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================