9 Ciri-ciri TBC pada Anak yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Tuberkulosis (TBC)  atau TB adalah penyakit menular akibat infeksi bakteri. TBC umumnya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lain, seperti ginjal, tulang belakang, dan otak.

Penularan tuberkulosis (TBC) terjadi ketika seseorang tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) saat seseorang yang terinfeksi TBC bersin atau batuk. Oleh sebab itu, risiko penularan penyakit ini lebih tinggi pada orang yang tinggal serumah dengan penderita TBC.

Karena itu, orangtua perlu tahu apa saja ciri-ciri TBC pada anak untuk mencegah pemburukan kondisi si kecil akibat bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Ciri-ciri TBC pada anak

Ada beberapa ciri-ciri TBC pada anak, simak berikut:

  1. Sering demam

Demam yang disebabkan karena TBC umumnya tidak terlalu tinggi. Namun demikian, demam yang menjadi ciri-ciri TBC terjadi cukup sering sehingga mengganggu aktivitas anak.

  1. Napsu makan menurun
BACA JUGA :  Review Film : Menjelang Ajal, Pesugihan Berujung Petaka

TBC pada anak juga sering ditandai dengan napsu makan menurun atau gerakan tutup mulut (GTM).

  1. Nyeri dada dan sesak napas

TBC terutama menyerang paru-paru sehingga mengakibatkan keluhan seperti nyeri dada, sesak napas, atau napas menjadi lebih cepat.

  1. Berkeringat di malam hari

Anak-anak yang berkeringat di malam hari juga patut dicurigai sebagai tanda-tanda TBC. Terlebih, jika si kecil tetap berkeringat, meski udara sedang dingin dan sudah menggunakan AC atau kipas angin.

  1. Kelelahan kronis

Mycobacterium tuberculosis sering terlihat gampang lelah, lesu, dan tidak bersemangat. Kondisi ini membuat si kecil enggan bermain atau melakukan aktivitas lainnya.

  1. Batuk terus-menerus
BACA JUGA :  REFLEKSI HARI PENDIDIKAN NASIONAL: REPRESI SISTEM PENDIDKAN DALAM BENTUK KOMERSIALISASI

Batuk terus-menerus juga bisa menjadi gejala TBC pada anak. Batuk-batuk pada si kecil akibat TBC bisa bertahan hingga lebih dari dua minggu.

  1. Lekas marah dan rewel

Anak-anak yang tertular TBC sering mudah marah atau rewel karena merasa tubuhnya tidak fit. Terlebih saat si kecil mengalami demam atau batuk terus-menerus.

  1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Pembengkakan kelenjar getah bening pada anak biasanya ditandai dengan adanya benjolan di sekitar leher atau bawah rahang anak.

  1. Gangguan tumbuh kembang

TBC mengakibatkan si kecil tidak mengalami kenaikan berat dan tinggi badan dalam dua bulan beruntun.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================