Plt. Bupati Bogor Apresiasi Pelayanan Publik Tahun 2022 Kabupaten Bogor Meningkat Ke Kategori “B”

pelayanan publik

BOGOR-TODAY.COM – Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyampaikan apresiasi terhadap dukungan tim Ombudsman kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam mendorong peningkatan kepatuhan standar pelayanan publik dan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Bogor sehingga nilai pelayanan publik meningkat dari 75,64 atau berada di zona kuning pada tahun 2021 melesat menjadi 79,53 atau berada di zona hijau atau kategori “B” pada tahun 2022.

Itu diungkapkan Iwan Setiawan dalam kegiatan Penyampaian Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 oleh Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, Ruang Rapat Bupati, Senin (20/3/23).

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, apresiasi dan terima kasih kepada kepala perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Jakarta Raya beserta jajaran.

Terimakasih tim Ombudsman yang telah berkenan datang untuk menyampaikan secara langsung hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022 di Kabupaten Bogor.

“Ini adalah wujud dukungan tim Ombudsman kepada kami, untuk mendorong kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dan meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat di Kabupaten Bogor,” terang Iwan Setiawan.

Sebagaimana diketahui bahwa, pada tahun 2021, hasil penilaian untuk pelayanan publik di Kabupaten Bogor mencapai nilai sebesar 75,64 atau berada di zona kuning. Hasil penilaian layanan publik di empat Perangkat Daerah yakni Disdik, Dinkes, Disdukcapil dan DPMPTSP.

“Penilaian dilakukan secara serempak dan tanpa pemberitahuan, dengan metode observasi fisik ke lapangan melalui media elektronik dan non elektronik dan penilaian kepatuhan berupa hasil zona dan predikat,” ujar Plt. Bupati Bogor.

BACA JUGA :  2030 Tak Ada Pembangunan TPA Baru di Kota Bogor, Kok Bisa

Sementara di tahun 2022 hasil penilaian untuk pelayanan publik di Kabupaten Bogor meningkat menjadi sebesar 79,53 atau berada di zona hijau dengan opini kualitas tinggi.

Adapun tujuh perangkat daerah yang dinilai adalah Disdik, Dinkes, Dinsos, Disdukcapil, DPMPTSP, UPT Puskesmas Cimandala dan Citeureup. Diawali dengan permintaan narahubung, penilaian dilakukan serempak dengan metode observasi fisik/lapangan, wawancara dan studi dokumen, menggunakan media elektronik dan non elektronik dan hasil penilaian dalam bentuk opini.

“Alhamdulillah, dengan demikian ada perbaikan dan peningkatan selain dalam hal kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik, juga dalam penilaian evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik. Penilaian pemantauan dan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan hasil indeks inovasi daerah,” tegasnya.

Menurut Iwan Setiawan bahwa, Pemerintah Kabupaten Bogor terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Baik dari segi kebijakan melalui penetapan surat edaran pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan publik dan melakukan monitoring dan evaluasi kinerja terhadap unit pelayanan publik.

Lalu mengadakan bimtek dan sosialisasi pelayanan prima untuk meningkatkan profesionalisme SDM aparatur. Meningkatkan sarana prasarana pada unit layanan, berupa tempat parkir (roda 2 dan roda 4 serta disabilitas), ruang tunggu, toilet (pria dan wanita, disabilitas).

Mushola, kursi roda, jalur landai, atk/fotocopy, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), ruang laktasi dan area bermain anak. Kemudian membuka layanan konsultasi dan pengaduan: aplikasi laras online; media sosial, hotline 08111184399, website pemkab bogor dan aplikasi SP4N-Lapor.

BACA JUGA :  Menu Tanggal Tua dengan Tumis Buncis dan Tempe yang Nikmat Dimakan Bareng Keluarga

“Kami juga berupaya meningkatkan penggunaan teknologi sistem informasi, website resmi perangkat daerah, kecamatan dan kelurahan serta RSUD. Mengisi website SIPPN (Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional), pemanfaatan SPBE: aplikasi SICANTIK Super Apps (layanan kinerja pegawai), layanan pengaduan pelayanan publik, layanan akuntabilitas kinerja organisasi; layanan pengadaan barang dan jasa; layanan penganggaran, layanan perencanaan dan keuangan, layanan JDIH dan layanan kearsipan dinamis,” Iwan menjelaskan.

Iwan Setiawan juga menyatakan, terus meningkatkan inovasi daerah bahkan di tahun 2022 Pemkab Bogor telah memperoleh predikat Kabupaten Sangat Inovatif, dengan skor indeks 87.59 dalam Innovatif Government Award (IGA) yang diadakan Kemendagri. Pada kompetisi inovasi pelayanan publik melalui Sinovik yang diselenggarakan oleh Kemenpan-RB.

Pemkab Bogor tahun 2020 memperoleh Top 45 (inovasi terpuji) dan Top 99 membangun mal pelayanan publik, membangun berbagai sistem aplikasi untuk kemudahan dalam pelayanan publik,” pungkas Plt. Bupati Bogor.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Jakarta Raya, Dedy Irsan mengungkapkan, penilaian pelayanan publik yang diperoleh oleh Pemerintah Kabupaten Bogor lebih baik dari penilaian yang diperoleh dari tahun sebelumnya. Pemerintah Kabupaten Bogor masuk dalam kategori zona kuning atau tingkat kepatuhan sedang termasuk dalam zona hijau.

“Saya ucapkan terimakasih atas peningkatan ini. Penilaian ini kami lakukan melalui survey dan wawancara kepada pengguna layanan. Kabupaten Bogor sudah masuk zona hijau atau kategori B,” imbuhnya. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================