desa wisata budaya
Desa Penglipuran, Bali. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM – Saat ini semakin banyak orang mencari pilihan tempat healing terbaik untuk menenangkan pikiran. Salah satunya adalah desa wisata budaya di berbagai wilayah Indonesia.

Di desa wisata, Anda bisa healing sembari mempelajari budaya lokal yang kental. Siap berlibur? Ini dia beberapa desa wisata budaya yang bisa jadi pilihan destinasi Anda selanjutnya!

  1. Desa Meat, Sumatera Utara

Di ujung utara Pulau Sumatera, ternyata tersimpan berbagai destinasi wisata budaya yang kaya, termasuk Desa Meat. Desa yang terletak di pinggir Danau Toba ini dikenal sebagai sentra pembuatan ulos ragi hotang.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 26 Juni 2024

Selain kerajinan ulos, Desa Meat juga memiliki pemandangan alam yang indah bak di luar negeri. Anda juga bisa melihat sejumlah rumah adat Batak yang telah dihias ukiran tradisional. Desa Meat bisa jadi tempat healing yang pas!

  1. Desa Hilisimaetano, Sumatera Utara

Bergeser sedikit ke Kabupaten Nias Selatan, Desa Hilisimaetano adalah desa wisata budaya yang bisa Anda kunjungi selanjutnya. Di sini, Anda akan menemukan batu megalitik yang menjadi ciri khas kebudayaan Nias.

Atraksi Fahombo atau lompat batu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak hanya itu, ada juga beragam kerajinan tangan unik seperti manöfa atau pedang besi. Tenang saja, di Desa Hilisimaetano sudah tersedia beberapa homestay yang dapat Anda tinggali.

  1. Kampung Naga, Jawa Barat
BACA JUGA :  2 Pria di Pedestrian Semarang Ditemukan Terkapar, 1 Luka Bacok di Leher

Apabila Anda akan berlibur ke Jawa Barat, Kampung Naga menjadi destinasi wisata budaya yang tak bisa dilewatkan. Salah satu hal yang memikat dari desa ini adalah letak semua rumah yang sejajar. Kearifan lokal Kampung Naga juga tak kalah menarik.

======================================
======================================
======================================