obat sakit mata alami
Gak Perlu ke Dokter, Ini 5 Obat Sakit Mata Alami yang Bisa Dicoba di Rumah. Lengkap dengan Caranya!. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM – Berikut ini lima obat sakit mata alami yang bisa dicoba di rumah lengkap dengan caranya.

Jenis sakit mata pun ada beragam dengan penyebab yang berbeda-beda pula. Untuk sakit mata yang berat, tentu kita harus segera sigap berkonsultasi ke dokter agar tidak bertambah parah.

Namun, untuk gejala sakit mata yang ringan, kamu bisa mengatasinya secara alami seperti di bawah ini!

Obat sakit mata alami bisa jadi pilihan bagi kamu yang mengalami keluhan mata ringan. Caranya yang mudah dan bahan yang ada di rumah dapat membantu matamu terasa nyaman kembali!

  1. Kompres dengan kantong teh

Cara mengobati sakit mata secara alami yang pertama adalah kompres dengan kantong teh. Teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama pada teh hijau, teh chamomile, dan teh hitam.

BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun di Tol Cipali Majalengka Libatkan 7 Kendaraan, 1 Tewas 1 Luka-Luka

Kandungan antioksidan tersebut dapat membantu sebagai obat sakit mata bengkak alami, ataupun mata merah dan kering. Cara menggunakannya pun mudah dan kamu bisa menggunakan kantong teh yang ada di rumah.

Cukup dinginkan kantong teh yang masih basah di kulkas beberapa menit. Setelah itu, letakkan pada bagian mata yang sakit sebagai kompres selama 20-30 menit. Kamu bisa melakukan ini sekitar 2-3 kali sehari hingga membaik.

  1. Mentimun

Mentimun mungkin tak seampuh obat mata dari dokter, tapi bisa membantu matamu lebih relaks, nyaman, dan memandang lebih jelas. Mentimun juga mengnadung zat antibakteri yang dapat membantu sebagai obat saakit mata bengkak alami dan mengurangi rasa gatal.

BACA JUGA :  FJBB Gelar Mimbar Rakyat Bogor, Wadah Dialog Pilkada 2024

Caranya mudah, cukup iris tipis mentimun yang sudah dicuci bersih lalu tempelkan pada mata yang sakit selama 10 menit. Kamu juga bisa memasukkannya ke kulkas lebih dahulu agar lebih terasa dingin dan segar di mata.

  1. Daun sirih

Bukan rahasia lagi kalau daun sirih merupakan salah satu obat sakit mata alami yang dikenal sejak dulu. Dengan sifat antimikroba, daun sirih dapat membantu sebagai obat sakit mata belekan karena infeksi dan debu, ataupun mata bengkak.

======================================
======================================
======================================