Lagu Halo-Halo Bandung

BOGOR-TODAY.COM –  Lagu Halo-Halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki tengah ramai dibicarakan karena Malaysia membuat lagu dengan nada yang sama. Lagu itu berjudul Helo Malaysia.

Lagu itu berirama persis dengan Halo-Halo Bandung, namun liriknya diubah dengan bahasa Malaysia. Ternyata lagu itu sudah muncul di YouTube kanal Lagu Kanak TV sejak 27 Mei 2020 lalu.

Berikut ini budaya Indonesia yang pernah diklaim milik Malaysia

  1. Lagu Rasa Sayange

Untuk mempromosikan pariwisata, Malaysia menggunakan lagu Rasa Sayange yang jelas-jelas milik Indonesia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa lagu tersebut memang milik Malaysia. Namun pada akhirnya Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Budaya Malaysia mengakui bahwa lagu Rasa Sayange memang milik Indonesia.

  1. Batik

Sudah menjadi rahasia umum bahkan sudah diakui dunia bahwa batik adalah hasil budaya Indonesia. Namun, Malaysia justru mengklaim bahwa batik adalah kebudayaan mereka. Akhirnya, pemerintah Indonesia mendaftarkan batik ke UNESCO pada 3 September 2009 untuk menjadikan hal itu sebagai warisan budaya Indonesia. UNESCO pun mengesahkan batik sebagai warisan budaya Indonesia di tanggal 2 Oktober 2009.

  1. Pencak silat
BACA JUGA :  Pemanfaatan Limbah Ternak sebagai Biogas Alternatif Pengganti Gas LPG

Pada tanggal 12 Desember 2019, UNESCO secara resmi mendaftarkan Pencak Silat dari Indonesia sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Keputusan tersebut diambil dalam sidang yang menetapkan inklusi Pencak Silat ke dalam UNESCO Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Namun, keputusan tersebut menimbulkan kontroversi karena UNESCO juga mencantumkan sekitar 15 usulan Warisan Budaya Tak Benda lainnya, termasuk Silat dari Malaysia. Hal ini menjadi perdebatan di masyarakat Indonesia.

  1. Wayang kulit

Selain itu, kontroversi terkait warisan budaya juga pernah muncul terkait Wayang Kulit. Jaemy Choong, seorang desainer asal Malaysia, pernah mengklaim motif Wayang Kulit dalam produk sepatu Adidas, yang kemudian memicu permintaan maaf dari pihak Adidas Singapura.

  1. Reog Ponorogo
BACA JUGA :  Ini Dia Detik-Detik Fortuner Tercebur ke Sungai saat Ditumpangi Kapolsek Katingan Hulu

Kemudian, Malaysia juga pernah mengklaim seni budaya Reog Ponorogo sebagai bagian dari budaya mereka. Namun, klaim ini menuai pertanyaan, mengingat bahwa Reog Ponorogo secara jelas berasal dari Indonesia, tepatnya dari Kabupaten Ponorogo. Duta Besar Malaysia untuk Indonesia kemudian membantah klaim tersebut untuk mengakhiri kontroversi tersebut.

  1. Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional khas Sunda. Namun, Malaysia pernah mengklaim alat musik ini menjadi warisan budaya mereka.

Setelah perdebatan panjang antara Indonesia dan Malaysia, akhirnya angklung resmi terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Lisan dan Takbenda Manusia asli Indonesia. Hal tersebut resmi tercatat pada November 2010.

  1. Keris

Keris merupakan senjata yang kerap digunakan masyarakat di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan lainnya. Namun, Malaysia meyakini keris adalah warisan budaya dari nenek moyang mereka.

======================================
======================================
======================================