Kapalan
Kapalan, Ketahui Gejala dan Cara Menghilangkannya. Foto : alodokter.com

BOGOR-TODAY.COMKapalan memang bukan penyakit serius dari segi kesehatan, namun bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Karena itulah, penting untuk mengatasi kapalan, terutama jika disertai rasa nyeri.

Melansir alodokter.com, ada berbagai cara penanganan yang bisa diterapkan baik di rumah maupun dengan bantuan tenaga medis.

Kapalan biasanya ditandai oleh pengerasan dan penebalan kulit sebagai respons terhadap gesekan atau tekanan berulang.

Berbagai faktor, seperti pemakaian sepatu yang tidak pas, penggunaan sepatu tanpa kaus kaki, atau kebiasaan mengangkat beban berat, dapat memicu terjadinya kapalan. Biasanya, kapalan lebih sering muncul pada telapak tangan dan kaki.

BACA JUGA :  Warung Kopi di Kabanjahe Karo Kebakaran, 4 Orang Sekeluarga Tewas

Terdapat beberapa gejala yang dapat mengindikasikan adanya kapalan, seperti kulit yang mengeras dan menebal, terkadang disertai rasa nyeri atau ketidaknyamanan, adanya benjolan kecil, kulit yang kering dan mudah mengelupas, kulit kemerahan, atau bahkan lecet.

Kapalan bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan, namun bila disertai rasa nyeri, penanganan segera diperlukan untuk mengurangi ketidaknyamanan.

BACA JUGA :  Guru Ngaji di Cianjur Ditemukan Tewas dalam Toilet Masjid Al-Ikhlas

Beberapa cara penanganan di rumah meliputi merendam tangan atau kaki dalam air hangat dan sabun untuk melembutkan kapalan, menggosok kapalan dengan lembut menggunakan batu apung, menghindari pengelupasan berlebihan, serta menjaga kelembutan kulit dengan menggunakan pelembap. Pastikan untuk memilih sepatu dan kaus kaki yang nyaman.

======================================
======================================
======================================