Vladimir Putin Kunjungi Sahabatnya Xi Jinping dan Pimpinan Korut Bahas Perang Yang Terjadi

RUSIA_CINA
Tema pertemuan tersebut kemungkinan besar akan dibayangi oleh perang Israel-Hamas serta invasi Rusia ke Ukraina yang sedang berlangsung. (FOTO : IST)

BOGOR-TODAY.COM – Presiden Rusia Vladimir Putin telah tiba di Beijing menjelang pertemuan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada hari Rabu.

Xi mengundang sahabatnya Putin ke forum Inisiatif Sabuk dan Jalan Tiongkok yang ketiga, di mana para pemimpin dari 130 negara akan membahas salah satu proyek internasional khas Xi.

Namun tema pertemuan tersebut kemungkinan besar akan dibayangi oleh perang Israel-Hamas serta invasi Rusia ke Ukraina yang sedang berlangsung.

Tiongkok adalah salah satu negara pertama yang dikunjungi Putin sejak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

BACA JUGA :  Erupsi Dialami Gunung Semeru 5 Kali Pagi Ini, Berada di Level III

Yang berbasis di Den Haag mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadapnya pada bulan Maret, menuduh pemimpin Rusia tersebut mendeportasi anak-anak dari Ukraina secara ilegal.

China bukan salah satu dari 123 negara anggota ICC sehingga tidak wajib memindahkan Putin ke Den Haag untuk diadili.

Awal bulan ini, Putin mengunjungi Kyrgyzstan tetapi Tiongkok adalah negara pertama di luar bekas republik Soviet yang ia kunjungi tahun ini. Kyrgyzstan juga bukan anggota ICC.

Beijing telah menolak kritik Barat terhadap kemitraannya dengan Moskow bahkan ketika perang di Ukraina terus berlanjut.

BACA JUGA :  Kecelakaan Gadis Pengendara Motor di Grobogan Jadi Korban Tabrak Lari Truk Batu Bara

Dan bersikeras bahwa hubungan mereka tidak melanggar norma-norma internasional dan bahwa Tiongkok memiliki hak untuk berkolaborasi dengan negara mana pun yang mereka pilih.

Perdagangan antara negara tetangga Tiongkok dan Rusia telah melonjak sejak Moskow memulai invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022, dengan Beijing mengimpor minyak Rusia setelah negara-negara lain menjatuhkan sanksi terhadap impor Rusia.

Dalam sebuah wawancara dengan lembaga penyiaran pemerintah Tiongkok, CGTN, menjelang kunjungannya minggu ini.

======================================
======================================
======================================