Hanya Pakai 3 Bahan Dapur Bisa Bikin Kinclong Kerak Tungku Kompor! Simak Ini

BOGOR-TODAY.COM – Tetesan minyak dan lemoaran bahan makanan sering dialami beberapa bagian kompor sehingga mudah kotor dan mengerak. Noda pada tungku jika dibiarkan bisa menebal dan sulit dibersihkan.

Jika tungli kompor sudah mengerak biasa sulit untuk dibersihkan dan kinclong seperti awal membeli. Bahkan, tak jarang orang-orang berusaha membersihkannya dengan teknik merendam di dalam air panas atau bahkan merebusnya, sehingga noda membandel di tungku kompor mudah dibasmi.

Namun, ada trik berbeda dari pria di akun TikTok @aligas162. Usut punya usut, ia hanya membutuhkan tiga bahan dapur untuk membersihkan kerak pada tungku kompor.

“15 menit hilangkan kerak-kerak tatakan kompor gas,” tulisnya dalam unggahan TikTok @aligas162.

Cara membersihkan tungku kompor kotor.

Sebelum masuk ke triknya, kamu harus mengangkat noda kerak pada tungku kompor dengan mencongkelnya pakai obeng ataupun pisau terlebih dahulu. Pemilik akun TikTok @aligas162 memilih pakai obeng saja, supaya tungku kompor tidak mudah tergores dan tangan tetap aman.

Usai noda kerak yang dapat dijangkau dengan obeng lepas dari tungku kompor, lanjutkan ke proses membuat racikan bahan pembersih. Siapkan dulu wadah berisi air bersih, kemudian campurkan dengan baking soda, sabun cuci piring, serta cuka. Yup, itulah tiga bahan dapur inti untuk mempraktikkan trik bersihkan kerak tungku kompor ini.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor-Kadin Hadirkan Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi Bagi Tenaga Kerja

Aduk sampai semua racikan bahan pembersih tercampur rata. Baru gosokkan pada tungku kompor. Pemilik akun TikTok @aligas162 menggunakan bantuan sabut kawat untuk menggosok tungku kompornya. Tapi, kamu juga bisa pakai spons yang teksturnya kasar, ya.

“Lakukan cara ini 2 bulan sekali biar tatakannya lebih awet,” imbuh warganet di akun TikTok @aligas162 ini.

Setelah digosok selama beberapa menit sampai semua noda hilang, baru tungku kompor bisa dibilas dengan air mengalir. Terakhir, jangan lupa mengeringkan tungku kompor terlebih dahulu sebelum alat ini dipasang lagi ke atas kompor. Lihat, hasilnya tungku kompor yang semula berkerak jadi kinclong lagi, kan?

Cara gunakan baking soda untuk bersih-bersih perabot dapur.

Baking soda adalah bahan alami yang sangat berguna untuk membersihkan perabot dapur karena memiliki sifat abrasif yang lembut dan mampu menghilangkan noda serta bau yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa perabot dapur yang dapat dibersihkan menggunakan baking soda.

  1. Panci dan wajan. Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta. Gosokkan pasta ini pada bagian yang kotor atau berkarat, kemudian bilas dengan air bersih.
  2. Sink. Taburkan baking soda di atas permukaan wastafel dapur yang kotor, lalu gosok dengan spons atau sikat lembut. Bilas dengan air untuk membersihkannya.
  3. Kulkas. Tempatkan mangkuk kecil berisi baking soda di dalam kulkas untuk menyerap bau yang tidak diinginkan. Kamu juga dapat membersihkan bagian dalam kulkas dengan campuran baking soda dan air.
  4. Peralatan masak dan piring.Rendam peralatan masak atau piring yang kotor dalam air hangat dengan tambahan baking soda. Ini akan membantu melonggarkan noda dan memudahkan proses pembersihan.
  5. Ketel. Didihkan campuran air dan baking soda di dalam ketel untuk membersihkannya dari endapan mineral atau noda.
  6. Keran dan fitting. Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta, lalu gunakan pasta tersebut untuk membersihkan keran dan fitting dapur. Gosok secara menyeluruh dan bilas dengan air bersih.
  7. Perangkat keras elektrik. Taburkan baking soda di atas permukaan blender, penggiling kopi, atau pemotong bahan makanan lainnya, lalu bersihkan dengan spons atau kain lembut.
BACA JUGA :  Kecelakaan Motor dan Pos JPL Kereta Api di Surabaya Ditabrak Bus Bawa Belasan Penumpang

Pastikan untuk selalu membilas dengan air bersih setelah menggunakan baking soda untuk membersihkan perabot dapur. Selain itu, tes pada area kecil terlebih dahulu untuk memastikan bahwa baking soda tidak merusak permukaan perabot dapur kamu.***

======================================
======================================
======================================