Kevin Sanjaya Resmi Putuskan Pensiun Sebagai Atlet Bulu Tangkis

Atlet Bulu tangkis Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo. (PBSI)

BOGOR-TODAY.COM – Kevin Sanjaya Sukamuljo resmi mengumumkan pensiun sebagai atlet bulu tangkis. Keputusan ini dikatakan Kevin telah melalui pertimbangan panjang sejak pertengahan bulan Februari 2024.

“Sebelum memutuskan hal ini, pertimbangannya pasti sangat banyak. Yang pasti kalau saya lanjut bermain di dunia bulutangkis, saya tidak mau hanya sebagai penggembira,” ungkap Kevin kepada PBDjarum.org.

Selama 11 tahun memperkuat tim nasional Indonesia, Kevin mencatatkan prestasi yang luar biasa. Bersama pasangannya, Marcus Fernaldi Gideon, Kevin menyabet puluhan gelar bergengsi level internasional seperti kejuaraan bulutangkis tertua All England, medali emas Asian Games, merebut Piala Thomas 2020 dan masih banyak lagi.

Kevin/Marcus juga sukses menempati peringkat satu dunia yang terlama di sektor ganda putra.

“Saya sangat bersyukur Tuhan telah memberikan karier yang luar biasa di dunia badminton. Perjalanan saya di dunia badminton di mulai dari saya berusia 5 tahun. Di usia saya yang ke 12, saya merantau dari Banyuwangi ke Kudus untuk mengejar cita-cita saya sebagai atlit nasional. Di tahun 2013 saya mendapat kesempatan untuk bergabung ke PBSI di kota Jakarta,” ungkap atlet besutan PB Djarum ini.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Perempuan Mengapung di Dermaga Tambaklorok Gegerkan Warga Semarang

“Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian kami sampai saat ini, walaupun kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World Championship. Namun sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini. Saya telah berpikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini,” lanjut Kevin.

“Dimulai dari cedera bahu saya yang tidak kian membaik sejak tahun 2017. Ditambah, partner saya cedera dan berujung kami tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024,” kata Kevin.

BACA JUGA :  Tercium Bau Amis, Penyiar Radio di Banda Aceh Ditemukan Tewas di Kamar Kos

Kevin mengaku sudah mencoba bangkit saat dipasangkan dengan pemain muda di Pelatnas PBSI. Namun sayangnya hal tersebut tidak berjalan mulus sesuai rencana. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, Kevin pun akhirnya memutuskan untuk gantung raket.

Terkait keputusan Kevin, Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin mengungkapkan dukungannya terhadap apapun keputusan Kevin. PB Djarum juga mengapresiasi capaian prestasi yang pernah diraih Kevin selama ini.

“Keputusan Kevin pensiun pasti solusi terbaik buat Kevin. PB Djarum memberi apresiasi setinggi-tingginya buat Kevin atas semua prestasi yang telah dicapai selama ini. Harapannya ke depan, Kevin tetap seorang juara di luar lapangan badminton, baik sebagai kepala keluarga maupun praktisi bisnis,” kata Yoppy.

“PB Djarum selalu siap memberi support dengan semua keputusan Kevin,” tutup Yoppy.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

======================================
======================================
======================================