SETELAH BANYAK DIPROTES AKHIRNYA KENAIKAN UKT DIBATALKAN

HERU_OPINI
FOTO : IST

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

SETELAH banyak di protes habis-habisan oleh nitizen, masyarakat, pakar pendidikan, akademisi, anggota DPR dan terakhir Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) mengajak seluruh mahasiswa mogok kuliah pada hari Senin (27/5/2024).

Alhamdulillah akhirnya mas Nadiem Makarim membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) tahun ini.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim mengumumkan bahwa pemerintah membatalkan kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) untuk tahun ini.

BACA JUGA :  Resep Membuat Maraq Kambing yang Lezat Anti Gagal Wajib Coba

Nadiem menyatakan, kementerian yang dipimpinnya pun akan mengevaluasi permintaan peningkatan UKT yang diajukan oleh perguruan tinggi negeri.

Kenaikan UKT yang sangat tidak masuk akal ini, bahkan mas Nadiem mengatakan ada lompatan-lompatan yang cukup fantastis pada kenaikan UKT ini.

BEM SI mengadukan kenaikan UKT hingga 500% di beberapa universitas negeri ke Komisi X DPR RI. Aduan ini direspons dan berakhir pemanggilan terhadap Mendikbudristek Nadiem Makarim.

BACA JUGA :  Ayah Bunuh Anak Kandung di Serang Terungkap! Diduga Ingin Dalami Ilmu Kebatinan Agar Cepat Kaya

Menurut penulis kenaikan UKT ini jelas sudah ada aroma bisnis pada dunia pendidikan, ini faktanya bro:

Pertama, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Tjitjik Sri Tjahjandarie, menyebut pendidikan tinggi merupakan tertiary education. Sebab menurut dia, pendidikan tinggi bukan termasuk dalam program wajib belajar.

======================================
======================================
======================================