Diduga Santap Makanan Basi, 91 Warga di Kota Bogor Keracunan, Satu Meninggal Dunia

Warga Cipaku, Kota Bogor yang diduga mengalami keracunan makanan. (Ist)

BOGORTODAY.COM – Puluhan warga Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor diduga mengalami keracunan makanan. Akibatnya satu orang meninggal dunia.

Dihimpun dari berbagai sumber, kejadian itu berlokasi di RT01 RW12, Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Puluhan warga yang mengalami keracunan makanan itu terjadi pada, Sabtu (1/5/2024) malam, usai mengikuti acara haul disalah satu rumah warga.

Setelah menyantap makanan pada malam itu, warga tiba-tiba mengalami lemas hampir bersamaan akibat mual, sakit perut disertai diare.

Kemudian mereka dibawa ke Puskesmas Cipaku dan ke beberapa Rumah Sakit yang ada di Kota Bogor.

Diketahui hingga saat ini, total korban keracunan makanan bertambah menjadi 91 orang dari jumlah sebelumnya sebanyak 71 orang.

BACA JUGA :  Kasus Fenomena Judi Online di Kota Bogor, DPRD Akan Kaji Laporan PPATK

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah menyebut bahwa dugaan sementara warga yang keracunan itu dari jenis makanan telur balado yang dirasa sudah asam atau basi. Tetapi pihaknya juga akan memastikan secara medis dari hasil feses.

“Kalau dugaan sementara dari hasil wawancara itu adalah telur balado, dari bumbunya sudah mulai basi, rasa nya sudah asam. Tapi untuk memastikan secara medis itu hasil dari hasil feses setelah muntahan di periksa ke LBLK Jakarta. Secara medisnya itu kita masih menunggu, mengandung bakteri apa dan sebagainya. Hasilnya itu keluar dua hari, nanti kita follow up lagi,” tandas Syarifah, Selasa (4/5/2024).

BACA JUGA :  Kesal gegara Geber-Geber Motor, Pemuda di Pandeglang Tusuk Tetangga hingga Tewas

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno bersama  Kapolsek Bogor Selatan, Kompol Diana langsung turun mengunjungi Puskesmas Cipaku, pada Senin (3/5/2024) malam.

“Gejalanya sama, seperti diare, sakit perut, dan buang air besar terus menerus,” ujar Sri Nowo Retno.

Dinas Kesehatan Kota Bogor melakukan berbagai tindakan. Diantaranya adalah tim pemantau Dinkes Kota Bogor yang melakukan pemeriksaan sampel makanan yang dikonsumsi warga.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================