Pj Gubernur Jabar Lepas Tim Pemeriksaan Hewan Kurban di Kota Bogor

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin.

BOGORTODAY.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin didampingi Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari melepas tim pemeriksaan hewan kurban se-Jawa Barat (Jabar) di Plaza Balai Kota Bogor, pada Senin (3/6/2024).

Pelepasan tersebut secara simbolis ditandai dengan penyematan rompi, topi dan penyerahan boks berisi perlengkapan serta melakukan take off armada Mobil pelayanan veteriner (Moyan Vet) Rumah Sakit Hewan Provinsi Jabar, untuk memastikan kualitas dan kesehatan hewan kurban tetap terjaga.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin memberikan pesan kepada tim agar juga memberikan informasi dari dua sisi, baik dari sisi pedagang maupun pembeli mengenai detail apa saja yang harus dilakukan oleh pembeli maupun penjual, untuk memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat dan sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

BACA JUGA :  Rayakan HUT Bhayangkara ke-78, Ketua DPRD Kota Bogor Apresiasi Kinerja Kepolisan

“Sehingga penjual dan pembeli harus mengecek secara fisik, secara umur dan sebagainya. Tapi di sisi lain, pedagang harus diberi pengertian bahwa, hewannya harus sehat,” katanya.

Dalam memberikan layanan pemeriksaan hewan kurban, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kota/kabupaten menyediakan layanan pemeriksaan hewan gratis, yang tersedia di kantor dinas ataupun kecamatan di masing-masing wilayah secara gratis.

Hewan kurban yang sudah melalui pemeriksaan kesehatan nantinya akan diberikan sertifikat, stiker ataupun kalung yang menyatakan bahwa hewan kurban dalam keadaan sehat.

BACA JUGA :  Ini Pesan Calon Bupati Bogor Jaro Ade Terkait Judi Online di Kabupaten Bogor

“Pelayanan kesehatan ini dipastikan gratis atau 0 rupiah. Jadi tidak ada dikenakan biaya apapun,” tegasnya

Dengan begitu lanjut Bey, tidak ada alasan bagi pedagang penjual hewan kurban untuk tidak mengakses layanan tersebut, sehingga tidak memiliki sertifikat ataupun tanda bahwa hewan yang dijual dalam keadaan sehat dan pembeli bisa terjamin bahwa hewan kurban yang dibeli untuk disembelih saat hari raya Idul Adha dalam keadaan sehat dan kualitas daging terjamin.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Arifin Soedjayana menyampaikan bahwa untuk pertama kalinya pelepasan tim pemeriksaan hewan kurban dilaksanakan di luar Gedung Sate.

======================================
======================================
======================================