Sabang Diguncang Gempa M3,5 di Aceh Besar, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Besar Sumatra

Sabang Diguncang Gempa M3,5 di Aceh Besar. (BMKG)

BOGOR TODAY – Telah terjadi bencana alam gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 3,5 yang mengguncang Kota Sabang, Aceh, Senin (10/62024) pukul 14:08 WIB. Guncangan gempa dirasakan sejumlah warga di Kabupaten Aceh Besar.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membagikan hasil analisis, episenter gempa terletak pada koordinat 5.56° LU dan 95.43° BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 39 km Tenggara Kota Sabang, Aceh pada kedalaman 2 km.

BACA JUGA :  Wajib Coba, Kangkung Goreng Belacan ala Malaysia Dijamin Lezat dan Pedas Nampol

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen Seulimeum,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar Andi Azhar Rusdin, Senin (10/6/2024).

BACA JUGA :  FJBB Gelar Mimbar Rakyat Bogor, Wadah Dialog Pilkada 2024

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di daerah Aceh Besar dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), daerah Banda Aceh dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

======================================
======================================
======================================