KELUARGA ADALAH PENDIDIKAN YANG PERTAMA DAN UTAMA

HERU_OPINI
FOTO : IST

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

SEWAKTU kita kecil, maka kita diajari dengan penuh kasih sayang dan kesabaran oleh kedua orang kita tentang semua hal, maka tidak heran  dikatakan bahwa keluarga adalah pendidikan yang pertama dan utama bro.

Pendidikan dalam keluarga sangat mempengaruhi perkembangan anak terkait proses pendidikan selanjutnya tergantung dari pengalaman yang didapat atau diberikan dalam Pendidikan keluarga.

Dari Pendidikan keluarga dapat dikatakan peran orangtua merupakan pendidik pertama, terutama seorang ibu dalam proses pembentukan kepribadian dalam diri individu seorang anak.

BACA JUGA :  INDAHNYA HIDUP BERDAMPINGAN

Nah agar pendidikan keluarga kita (anak dan keturunan) berjalan lancar, sukses dan bahagia dunia akhirat, tidak ada salahnya kita juga harus tahu posisi keluarga kita. Ternyata ada  4 (empat) posisi dalam suatu keluarga.

Pertama, keluarga itu sebagai penenang hati. Jika kita capai karena seharian kerja, kemudian kita pulang sampai rumah dan ketemu keluarga tercinta, maka hilanglah semua kecapaian itu.

BACA JUGA :  Diduga Depresi, Remaja Perempuan di Makassar Nekat Lompat dari Lantai 3 Rusun

Ya karena yang namanya pasangan kita dan anak-anak kita merupakan penenang hati kita.

Jika keluarga kita sudah menjadi keluarga yang sakinah, maka ketenangan hidup, kesuksesan dan kebahagiaan dunia akhirat akan kita raih.

Dan jelas ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan anak-anak kita.

======================================
======================================
======================================