Fashion Show KKJB 2024, Kota Bogor Padukan Batik Organik Dengan Pakaian Tradisional Jerman

BOGORTODAY.COM – Kota Bogor yang dipimpin langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari dan Pj Ketua Dekranasda Kota Bogor, Windhy Wuryaning Tyas Primbandini mengikuti fashion show peragaan wastra dan produk unggulan Jawa Barat dalam Kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJB) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2024 di Trans Convention Center, Bandung, Minggu (30/6/2024).

Untuk diketahui fashion show ini setiap kabupaten/kota menampilkan tema luar negeri yang sudah ditentukan, kemudian dipadukan dengan kain khas setiap daerah.

Teruntuk Kota Bogor sendiri menampilkan siluet dari pakaian tradisional Jerman dengan memberikan sentuhan kain batik khas Bogor sebagai elemen utama. Hal ini bertujuan untuk membuka cakrawala pandang khalayak bahwa kain batik Bogor juga bisa digunakan dengan desain dari negara manapun.

BACA JUGA :  Kota Bogor Pejudi Online Terbesar Kedua dengan Nilai Fantastis, Pemerintah Lakukan Ini

Dari sisi motif, mengedepankan alam dan elemen Kota Bogor dengan perpaduan warna tiga warna (hitam, kuning dan merah) yang digunakan, pun terinspirasi dari Bendera Jerman.

“Dengan pagelaran wastra dan batik khas masing masing Kota/Kabupaten yang
dipadukan tema luar negeri untuk globalisasi ini agar UMKM kita bisa diakui di luar negeri dan bisa berdampak pada peningkatan ekspor, jadi kita dari Kota Bogor saya pimpin langsung fashion show nya,” ujar Hery.

Hery menambahkan, harapan lainnya ialah bisa memvisualisasikan semangat wastra Indonesia, khususnya kain batik Bogor, adalah kain yang bisa digunakan lintas budaya.

BACA JUGA :  Kecelakaan Brio di Bandongan Magelang Hantam Tembok hingga Terguling, Diduga Sopir Ngantuk

“Dengan ini kita optimis bahwa ternyata pola-pola tradisional, karya-karya lokal ini bisa bernuansa global. Selain itu juga bisa mendekatkan dengan budaya yang ada di
Internasional,” katanya.

Pj Ketua Dekranasda Kota Bogor, Windhy Wuryaning Tyas Primbandini mengatakan, dari tahun ke tahun KKJB dan PKJB semakin meriah, dimana tahun 2024 setiap daerah termasuk Kota Bogor mengangkat tema kolaborasi.

“Untuk Kota Bogor kita mengkolaborasikan beberapa produk untuk saling mengisi antara produk yang satu dan yang lainya, seperti kita kolaborasikan kain batik dengan kain batik organik, kemudian produk lainnya ada tas dari Kota Bogor,” ucap Windhy.

======================================
======================================
======================================