BOGOR TODAY Sebanyak 225 siswa siswi lulusan SMK Negeri 3 Kota Bogor 2019 mengikuti Pelatihan Bursa Kerja di gedung sekolahnya, beberapa waktu lalu.

Pelatihan yang bertema ’Kiat Sukses Menuju Dunia Kerja’ itu dibuka secara resmi Kepala SMK Negeri 3 Kota Bogor, Uus Sukmara, dengan Tim Tutorial Maharaja Training.

Usai membuka pelatihan Bursa Kerja Khusus, Kepala SMK Negeri 3 Uus Sukmara didampingi Koordinator Pelatihan Bursa Kerja Khusus, Made Sumiati, menjelaskan, pelatihan khusus diberikan pada siswa-siswi lulusan SMK Negeri 3 Kota Bogor sebagai bekal. “Agar ketika melamar pekerjaan mereka sudah punya kemampuan manajerial administrasi pendaftaran yang baik,” kata Uus.

Dengan pelatihan kerja ini, sambung Uus, peserta didik akan mendapatkan pemahaman dan pendidikan tambahan. Misalnya tentang cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, cara membuat curiculum vitae (CV) yang benar serta cara wawancara dengan baik dan benar. Termasuk cara berpakaian yang rapi dan sopan.

Sementara itu, Koordinator Pelatihan Bursa Kerja Khusus, Made Sumiati, menambahkan, nantinya siswa lulusan SMK Negeri 3 Kota Bogor ini harus bisa membuat berbagai persyaratan pelamaran kerja sesuai jurusannya masing-masing.

“Bagi jurusan perhotelan misalnya, bagaimana caranya membuat lamaran ke hotel. Begitu juga jurusan tata rias, bagaimana caranya membuat lamaran yang menarik sehingga perusahaan yang dituju bisa menerimanya,” katanya.

Made berharap para siswa lulusan SMK Negeri 3 Kota Bogor tak hanya mahir dengan keahliannya masing-masing yang diperoleh dari sekolah secara formal, tapi juga mahir mambuat administrasi pelamaran kerja yang baik dan benar. (Rifky S)

loading...