e-ktpBOGOR TODAY-  Sebanyak 32.501 warga Kota Bogor hingga kini belum melakukan perekaman data E-KTP. Jumlah tersebut menurun dari dua minggu lalu sebanyak 38.463 warga.

“Dalam dua minggu terakhir ada sebanyak 4.038 warga yang melakukan perekaman data,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor Dodi Achdiat, Rabu (28/9/2016).

Dodi melanjutkan, pihaknya akan terus mengupayakan agar pada sisa warga yang belum melakukan perekaman data segera tercapai.

“Kami coba kejar target dengan cara menjemput bola. Kami menyiagakan petugas kami di enam kecamatan dan Bogor Trade Mall (BTM) yang ada di Kota Bogor. Seluruh warga yang wajib E-KTP berjumlah 708.674 orang, itu berarti masih sekitar 5 persen lagi,” paparnya.

Ia menjelaskan, warga Bogor yang belum melakukan perekaman E-KTP agar segera melakukan perekaman. “Karena kalau tidak mempunyai E-KTP masyarakat yang akan dirugikan,” tuturnya.

Sementara itu,  Kepala Seksi Pendaftaran dan Kependudukan Kota Bogor,  Herlin mengatakan,  warga yang tidak membuat E-KTP akan kesulitan menikmati fasilitas dari Pemerintah.

“Tidak akan bisa membuat SIM, BPJS,  Rekening Bank dan lain sebagainya. Kita sudah memberikan surat edaran untuk tidak meloloskan warga yang belum menggunakan E-KTP,” jelasnya.

Terkait dengan adanya perpanjangan waktu mengenai proses pembuatan E-KTP kepada masyarakat. Dirinya mengatakan belum menerima surat resmi dari Kementrian Dalam Negeri.

“Kita belum menerima surat resminya, namun kapanpun batas waktunya sampai kapanpun kita akan terus lakukan usaha untuk menyosialisasikan dan menjemput bola terkait pentingnya memiliki E-KTP,” pungkasnya. (Abdul Kadir Basalamah)