Daging-SapiBOGOR TODAY- Kementerian Pertanian (Kemtan) beker­jasama dengan PT Berdikari melakukan operasi pasar (OP) di sejumlah lokasi di daerah Bogor, Jawa Barat. Dalam OP ini, pemerintah menggelon­torkan daging sapi seban­yak 3,5 juta ton dengan harga Rp 80.000 per kilogram (kg). Dalam OP tersebut, seluruh da­gingini ludes terjual.

Yuliana Susanti, Subbagian Kerjasama dan Humas Kemtan mengatakan pihaknya melaku­kan OP salah satunya berlokasi di Auditorium Sadikin Sumin­tawikarta Kantor Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian di Cimang­gu, Bogor. Operasi Pasar yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 2-3 Juni 2016 ini menyediakan daging sapi den­gan harga Rp 80.000.

Daging sapi yang dijual se­lama 2 hari OP sebanyak total 3,5 ton dengan rincian hari per­tama sebanyak 1,5 ton dan hari kedua sebanyak 2 ton daging,» ujarnya, kemarin.

Ia mengatakan, daging sapi yang dijual tersebut sebagian merupakan dagingsapi lokal yang didatangkan dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pertengahan Mei lalu. Se­lain daging sapi, OP tersebut juga menjual daging ayam se­banyak 2 ton dengan harga Rp 28.000 per ekor dengan berat ayam berkisar antara 900 gram hingga 1 kg.

Yuliana mengklaim, hal ini cukup membuktikan bahwa masyarakat menginginkan har­ga bahan pokok tetap stabil dan terjangkau untuk memenuhi ke­butuhan menjelang bulan puasa dan lebaran.

Oleh karena itu, pemerintah dengan beberapa stakeholder akan terus bekerjasama melaku­kan OP sampai benar-benar har­ga di masyarakat stabil dan ke­giatan ini akan terus dipantau, sehingga harga bahan pangan pokok menjelang bulan puasa dan lebaran tahun ini tetap sta­bil. Tentunya OP ini akan dis­elenggarakan secara bergiliran dengan lokasi yang berbeda beda.(Yuska Apitya)