Di tengah masa social distancing akibat pandemi COVID-19, banyak orang harus mengubah rutinitas sehari-hari mereka dengan beraktivitas dan bekerja di dalam rumah saja. Khususnya untuk orang-orang yang menerapkan self-quarantine sejak pertengahan bulan Maret, beraktivitas #DirumahAja selama 6 minggu dapat menimbulkan perasaan resah, stres, dan anxiety akibat harus merubah gaya hidup dan ketidakpastian mengenai jangka waktu pandemi ini.

Untuk membantu mengatasi perasaan stres tersebut, berikut rekomendasi aktivitas menenangkan yang dapat membantumu melewati hari-harimu di rumah.

1. Berolahraga

Menurut riset oleh Jillian Rigby untuk Psychology Today, ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di tengah pandemi untuk meredakan stres, dan salah satu kegiatan yang paling ampuh adalah olahraga.

Bila olahraga merupakan salah satu rutinitas kamu sebelum pandemi ini, melanjutkan aktivitas olahraga secara rutin di rumah dapat membawa perasaan “normal” ke dalam perubahan jadwalmu.

Tentunya, olahraga juga meningkatkan endorfin alias happy hormones yang dapat memperbaiki mood – kandungan glucocorticoids dapat meningkatkan efek epinephrine dan membawa perasaan euforia.

Jika kamu suka bergerak dengan aktif dan kangen dengan rutinitas gym, kini kamu bisa menonton banyak sesi olahraga di YouTube dan bergabung dalam kelas HIIT (High-Intensity Interval Training) atau ZumbaA happy body makes a happy soul.

2. Menulis

Aktivitas menulis memang dianggap old fashioned oleh sebagian orang, khususnya dengan kehadiran gadget canggih yang bisa menggantikan catatan. Namun faktanya adalah expressive writing atau menulis tentang emosi kamu dapat mendukung stress relief juga untuk berekspresi.

Menulis notes, surat, ataupun menulis tentang kegiatan sehari-hari saja juga dapat membantu meningkatkan kreativitas dan menurunkan perasaan anxiety.

3. Meditasi dan Yoga

Tidak suka kegiatan sporty yang terlalu aktif? Teknik lainnya untuk mengatasi stres adalah meditasi dan yoga –it is a great way to be present in your thoughts. Ditambah lagi, meditasi juga bisa membantumu berpikir dengan lebih tenang dan membawa aura positif agar kamu bisa meluangkan waktu untuk bersyukur tentang hal-hal positif di sekitarmu. Tentunya, yoga juga dapat meningkatkan fleksibilitas, postur, dan meningkatkan peredaran darah yang diperlukan untuk mengatasi stres. 

4. Menonton film menghibur

Obviously, menonton film menghibur seperti komedi romantis atau serial favorit kamu dapat meningkatkan suasana hati! Ingin rekomendasi dari Cosmo? 

5. Menjaga diet

Menghibur diri dengan semangkuk mi instan atau meminum kopi susu favorit dapat membuatmu bahagia untuk sejenak, namun ingat bahwa kamu tetap perlu menjaga kesehatan dan sistem imun di tengah pandemi ini. (Net)