2.camaroMesin terbaik kini tak hanya dianugerahkan untuk mesin bakar. Mobil yang ramah lingkungan seperti mobil berteknologi hybrid pun masuk daftar 10 mesin terbaik 2015. WardsAuto menilai dan menjajal 31 nominasi mesin terbaik pada Oktober dan November lalu. Yang dinilai adalah tenaga, torsi, spesifikasi komparatis, redaman kebisingan, efisiensi bahan bakar dan penerapan teknologi baru. Apa saja 10 mesin terbaik 2015?

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

  1. Mesin BMW 3.0L Turbocharged DOHC 6 Silinder Segaris (BMW 340i)

BMW kembali meraih penghargaan mesin terbaik. Kali ini, BMW 340i dengan mesin 3.0L turbocharged DOHC 6 silinder segaris lah yang mendapat penghargaan mesin terbaik.

Mesin bertenaga 320 daya kuda ini menggantikan mesin N55 turbo 3.0L yang juga meraih penghargaan pada 2011 hingga 2013. Dengan twin-scroll turbocharger yang lebih besar, rasio kompresi tinggi dan keseimbangan sempurna berkat layout silinder segaris, BMW membuktikan bahwa sebuah mesin tidak perlu menyajikan angka daya kuda dan torsi yang ekstrem untuk menyajikan pengalaman berkendara yang mendebarkan.

Selama pengujian, konsumsi bahan bakar mesin ini sebesar 9,4 liter/100 km.

  1. Mesin General Motors 3.6L DOHC V6 (Chevrolet Camaro/Cadillac ATS)

Mesin yang diproduksi General Motors (GM) meraih penghargaan juga di bawah BMW. Kali ini, mesin V6 3.6 liter injeksi langsung (kode nama LGX) yang memberikan tenaga untuk All New Chevrolet Camaro dan Cadillac ATS mendapat tempat dalam daftar mesin terbaik.

Mesin naturally aspirated ini memiliki tenaga 335 daya kuda. Mesin ini juga menyajikan torsi berlimpah di gigi kelima dan keenam.

Tak ketinggalan perangkat tambahan efisiensi seperti Active Fuel Management cylinder deactivation yang memotong asupan udara dan bahan bakar ke dua silinder ketika mobil tidak mengangkut beban banyak. Hasilnya, penilaian konsumsi bahan bakar sebesar 9,8 liter/100 km dengan menggunakan Cadillac ATS

  1. Gabungan Mesin DOHC 1.5L 4 Silnder dan Motor Listrik 120 kW (Chevrolet Volt)

Chevrolet Volt generasi kedua dianggap lebih impresif daripada generasi sebelumnya. Mobil ini menggunakan mesin 1.5L injeksi langsung 4 silnder dengan baterai yang lebih kuat dan drivetrain litsrik ringan.

Motor listrik Volt terbaru ini bisa menjangkau jarak 85 km, naik 61 km dari generasi sebelumnya. Volt dinilai menyenangkan, tenang dan responsif.

Selama pengujian sejauh 365 km dalam sekali pengisian listrik, penguji meraih angka konsumsi bahan bakar sebesar 5,3 liter/100 km. Namun, jika listrik diisi setiap hari dalam seminggu, efisiensi bahan bakar lebih irit lagi menjadi 1 liter/100 km.

  1. Mesin V8 5.2L DOHC (Ford Shelby GT350 Mustang)

Mesin terbaik selanjutnya adalah mesin V8 naturally aspirated 5.2L yang menyajikan tenaga untuk Shelby GT350 Mustang terbaru. Mesin itu memiliki tenaga hingga 526 daya kuda.

Dengan flat-plane crankshaft dan lapisan silinder Plasma Transfer Wire Arc yang ringan, mesin ini mampu digeber hingga batas redline 8.250 rpm. Mesin ini menerapkan sistem injeksi bahan bakar dengan transmisi manual 6 percepatan.

  1. Gabungan Mesin DOHC 2.0L 4 Silinder dengan Motor Listrik 50-kW (Hyundai Sonata PHEV)

Mobil berteknologi hybrid yang meraih penghargaan mesin terbaik selanjutnya adalah Hyundai Sonata PHEV. Mobil ini menggabungkan mesin DOHC 2.0L 4 silinder dengan motor listrik berkekuatan 50 kW dari baterai lithium-polymer 68 kW.

Baterai Sonata ini bisa membawa mobil hingga jarak 43 km. Selanjutnya setelah 43 km, mesin direct-injection 2.0L mulai bekerja sepenuhnya. Pengisian baterai pun hanya membutuhkan waktu 2,7 jam dengan soket 240 volt dan 9 jam dengan soket 120 volt.

Konsumsi listrik mobil ini juga lebih irit berkat adanya perangkat yang memungkinkan regenerasi secara agresif ketika deselerasi dan pengereman. Dalam pengujiannya dengan menggabungkan mesin bakar dan motor listrik, penguji mencapai efisiensi bahan bakar sebesar 5,7 dan 2,9 liter per 100 km.

Namun, mobil ini tak hanya hemat. Mesin 2.0L bertanaga 154 daya kuda kompresi tinggi membuat orang puas mengemudi mobil ini. (/net)