BOGOR TODAY– Perselisihan antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung selalu menghadirkan cerita yang menarik. Salah satunya adalah para pemain yang pernah berstatus sebagai ‘pembelot’ dari Persija ke Persib atau sebaliknya.

Kisah dari luar lapangan juga akan menjadi bumbu lain di laga nanti. Hal ini seiring kehadiran mantan pemain Persib di skuat Persija yang sudah berlangsung sangat lama.

Mulai dari pemain seperti Kweet Kiat Sek yang dibina Persija, Yudi Guntara, hingga Budiman Yunus yang juara di Persija tahun 2001. Di musim ini, ada sosok Tony Sucipto yang memutuskan kembali ke Persija setelah delapan tahun berseragam tim Maung Bandung.

Selain nama-nama di atas cukup banyak perpindahan pemain yang terjadi di dua tim ini pada era 2000-an. Berikut daftarnya yang dirangkum CNNIndonesia.com dari berbagai sumber:

1. Firman Utina

Firman pernah menjadi bagian Persija selama satu musim saat ditukangi Benny Dollo. Namun, kariernya di tim ibu kota hanya berlangsung satu musim saja.

Salah satu gelandang serang terbaik yang pernah dimiliki Timnas Indonesia itu lantas bermain selama dua musim di Sriwijaya FC.

Pada 2012, Firman berlabuh ke Persib. Di klub asal Bandung itu Firman muncul sebagai pemain kunci dan berhasil meraih memberikan gelar Liga Super Indonesia 2014 dan Piala Presiden 2015.

2. Tony Sucipto

Tony sempat membela Persija selama satu musim sebelum meraih sukses di Persib. Delapan musim dihabiskan pemain serbabisa itu di skuat Maung Bandung yang berujung gelar Liga Super Indonesia 2014 dan Piala Presiden 2015.

Tony tercatat bermain dalam 168 pertandingan sejak 2011 dan berhasil menciptakan empat gol.

Di Liga 1 2019, Tony memutuskan kembali berseragam Persija setelah kontraknya habis bersama Persib. Sejauh ini, ia sudah bermain di lima pertandingan bersama Persija.

3. Lorenzo Cabanas

Cabanas pernah jadi pujaan Bobotoh meski hanya dua musim berseragam Persib. Perannya sebagai gelandang serang dalam skuat Maung Bandung begitu diandalkan setiap pelatih Persib.

Cabanas ketika itu datang ke Persib tahun 2007 dan dua musim kemudian pergi dari Persib. Cabanas sendiri datang ke Persib karena rekomendasi Arcan Iurie.

Sebelum jadi pujaan fan Persib, Cabanas lebih dulu memperkuat Persija. Hanya saja, kariernya tidak sebaik saat bersama Persib.

4. Shahar Ginanjar

Kiper berusia 28 ini pernah tiga musim memperkuat Persib Bandung. Namun, ia lebih sering duduk di bangku cadangan karena sulit menggeser posisi I Made Wirawan sebagai kiper utama.

Setelah kerap bergonta-ganti klub dari Mitra Kukar, Barito Putera, dan PSM Makassar, Shahar berlabuh di Persija.

Sama seperti di Persib, ia lebih banyak menghangatkan bangku cadangan. Namun, di laga kontra Persib nanti Shahar bakal jadi andalan di bawah mistar seiring belum pulihny Andritany Ardhiyasa dari cedera.

5. Imran Nahumarury

Pemain asal Tulehu, Maluku, menjalani karier profesional terbaiknya saat berseragam Persija. Ia sukses memberikan gelar Liga Indonesia tahun 2001 di bawah asuhan Sofyan Hadi.

Imran mencetak satu gol di partai final Liga Indonesia saat mengalahkan PSM Makassar 3-2. Dua gol lainnya diborong Bambang Pamungkas.

Setelah empat tahun di Persija, Imran mencoba peruntungan dengan memperkuat Persib. Namun, ia hanya bertahan satu musim di Persib dan memutuskan pindah ke Persita Tangerang. (Amel/CNN)

loading...